Indonesia dan Kamboja masih dapat terus mengeksplorasi berbagai potensi dan kerja sama
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan-perusahaan Indonesia terus mengupayakan peningkatan nilai perdagangan ke Kamboja dengan melakukan penetrasi pasar ke negara tersebut termasuk berpartisipasi pada pertemuan bisnis yang dilaksanakan KBRI Phnom Penh di Pnomh Penh, Kamboja, Kamis .
   
Dubes RI untuk Kerajaan Kamboja Sudirman Haseng melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa tidak ada yang membatasi peningkatan perdagangan antarkedua negara.  
   
"Indonesia dan Kamboja masih dapat terus mengeksplorasi berbagai potensi dan kerja sama yang masih terbuka lebar di antara kedua negara," katanya.
   
Sebagai gambaran, pada 2016, total perdagangan kedua negara meningkat sebesar 19,9 persen dan diharapkan dengan adanya pertemuan bisnis tersebut dapat memberikan kontribusi lebih pada tahun-tahun selanjutnya.
   
Sebanyak 50 pengusaha Indonesia dan 30 pengusaha Kamboja dari berbagai sektor berpartisipasi pada pertemuan yang dilaksanakan sebagai tanda dimulainya kegiatan Indonesian Trade & Tourism Promotion (ITTP) 2018 di Koh Pich Exhibition Centre, Gedung K-L, Phnom Penh.  
   
Kegiatan yang dibuka Duta Besar RI Phnom Penh dan Deputi Direktur Jenderal Promosi Kementerian Perdagangan Kamboja itu juga dihadiri Pejabat Cambodian Chamber of Commerce (CCC), Federasi UKM Kamboja (FASMEC), dan perwakilan dari Kementerian Perdagangan RI, yang turut mendukung kegiatan ITTP 2018.
   
Sebagai tindak lanjut dari pertemuan bisnis, pihak Indonesia dan Kamboja mengharapkan ada langkah nyata dan berbagai bentuk kerja sama yang dihasilkan oleh kedua belah pihak, mengingat kegiatan tersebut bagi sejumlah peserta yang hadir dirasakan efektif dan produktif dalam mempertemukan penjual dan pembeli yang potensial.  
   
Sektor-sektor yang telah berpartisipasi pada kegiatan tersebut adalah perusahaan-perusahaan dari sektor makanan dan minuman, farmasi, fesyen, aksesoris, kuliner, dan konstruksi.
   
Dalam kesempatan tersebut beberapa perusahaan Indonesia telah memperoleh kesepakatan bisnis antara lain Deltomed Laboratories dan PT. Monde Mahkota Biskuit.

Baca juga: KBRI Phnom Penh selenggarakan workshop batik
 

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018