Jakarta (ANTARA News) - Tokoh muda Aceh Thamren Ananda mengkritik pemberian gelar Laksamana Muda Cut Nyak Dien untuk penggerak #2019GantiPresiden Neno Warisman. 

"Pemberian gelar untuk pejuang Aceh itu tidak pantas diberikan kepada kampanye peserta pemilu capres-cawapres, karena menciderai nilai-nilai sejarah perjuangan masyarakat Aceh," kata Thamren Ananda seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Menurut Thamren, pemberian gelar Laksamana Muda Cut Nyak Dien kepada Neno Warismen telah telah mengoyak sejarah masyarakat Aceh. Thamrin memberikan sejumlah penjelasan untuk memperkuat argumentasinya yang mempersoalkan pemberian gelar untuk Neno Warisman. 

Pertama, mekanisme pemberian gelar di Aceh kepada seseorang sudah diatur melalui lembaga Wali Nangroe dan yang berhak memberikan gelar juga Wali Nangroe.  Kedua, untuk memberikan gelar kepada sesorang harus melalui proses yang panjang, terutama meneliti rekam jejak penerimanya. "Si penerima gelar harus memiliki attitude, rekam jejak, serta kontribusi yang nyata terhadap pembangunan masyarakat Aceh,” tuturnya.

Karena itu, Thamren mempertanyakan motivasi di balik pemberian gelar untuk Neno Warismen, karena penerimanya dinilai tidak memenuhi kedua syarat tersebut. Thamren juga menyarankan panitia pemberi gelar tersebut segera mencabut gelar untuk Neno, sekaligus meminta maaf kepada masyarakat di Bumi Serambi Mekah itu.  "Pemberian gelar itu merupakan tindakan ceroboh yang hanya didasari motif memburu kekuasaan," katanya. 

Sebelumnya, Neno berada di Nangroe Aceh Darussalam, Minggu (30/9), untuk mengukuhkan komunitas #2019PrabowoSandi di Gedung Haji Yusriah Lampeneurut, Aceh Besar. 

Neno Warisman hadir di acara tersebut didampingi Ketua DPD Partai Gerindra Aceh TA Khalid dan mantan Panglima GAM Muzakir Manaf selaku Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, menerima gelar kehormatan Laksamana Muda Cut Nyak Dien dari Raja Meureuhom Daya, Saifullah.

Sebelumnya, pegiat sejarah Aceh, Mizuar Mahdi, juga mengecam penyematan gelar kehormatan Laksamana Muda Cut Nyak Dien kepada Neno Warisman, yang dinilai tidak pantas. "Laksmana itu adalah kepangkatan dan berurusan dengan kemaritiman, serta Cut Nyak Dien itu adalah pejuang yang berperang melawan Belanda," katanya.

Baca juga: Neno Warisman dianugerahi gelar Laksamana Muda
Baca juga: Neno Warisman jadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga

 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018