Jakarta (ANTARA News) - Atlet para-angkat berat Indonesia Sriyanti memenangkan medali perak Asian Para Games 2018 dalam pertandingan yang berlangsung di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis. 

Medali perak tersebut dimenangkan oleh Sriyanti di kelas lebih dari 86 kilogram putri dengan angkatan terbaiknya yang mencapai 118 kilogram. 

Sedangkan, medali emas diraih oleh atlet asal Korea Selatan Hyunjung Lee dengan angkatan terbaik 118 kilogram dan medali perunggu diraih oleh Adeline Ancheta dari Filipina dengan angkatan terbaik 107 kilogram. 

Meskipun sama-sama mencatat rekor 118 kilogram, atlet Indonesia dan atlet Korea Selatan berbeda dari segi berat beban yang diangkat dalam tiga kali kesempatan. 

Pada kesempatan pertama, Sriyanti mengangkat beban seberat 114 kilogram, sedangkan Hyunjung 115 kilogram. Lalu pada kesempatan kedua, Sriyanti dan Hyunjung sama-sama mengangkat beban 118 kilogram. 

Di kesempatan terakhir, beban yang diangkat oleh keduanya kembali mengalami perbedaan. Sriyanti mengangkat beban 123 kilogram, sedangkan Hyunjung 124 kilogram. Namun, keduanya tidak mampu mengangkat beban tersebut dengan baik, sehingga dinyatakan gagal. 

Walaupun sama-sama gagal pada kesempatan ketiga, Hyunjung sudah lebih dulu unggul karena berat beban yang diangkat pada kesempatan pertama lebih besar dari berat beban yang diangkat oleh Sriyanti. 

Akhirnya, Hyunjung keluar sebagai pemenang medali emas, sedangkan Sriyanti dinobatkan menjadi pemenang medali perak.

Baca juga: Indonesia siap pamer kekuatan para-angkat berat

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018