Studi kelaikan KA semicepat Jakarta-Surabaya rampung November

Studi kelaikan KA semicepat Jakarta-Surabaya rampung November

Menhub Budi Karya Sumadi memberikan keterangan kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (1/10/2018). Foto ANTARA (Agus Salim)

"KA Jakarta-Surabaya sekarang studi kelaikannya sedang oleh JICA, memang rencananya November mereka akan memberikan kepada kita,
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan studi kelaikan kereta api semicepat Jakarta-Surabaya akan rampung  pada November 2018.

"KA Jakarta-Surabaya sedang dalam studi kelaikan oleh JICA, memang rencananya November mereka akan memberikan kepada kita," kata Budi Karya ditemui usai menerima pegawai baru difabel di Jakarta, Selasa.

Dia menyebutkan tiga hal yang menjadi fokus dalam studi kelaikan tersebut, yaitu harganya harus lebih ekonomis, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) harus lebh banyak, kemudian kontraktor porsinya harus seimbang antara kontraktor dalam negeri dan asing. 

"Kita pikirkan mana yang lebih ekonomis, teknologi apa yang dipakai. Kedua TKDN, bagian konstruksi yang akan digunakan kita mengharapkan itu diprioritaskan. Ketiga, bagian mana kontraktor digunakan, kita juga minta dipikirkan, kontraktor lokal sama lah prosentasenya," katanya. 

Sebelumnya Kementerian Perhubungan  menyatakan masih berupaya agar biaya proyek tersebut berada di kisaran Rp60 triliun.

Menhub menyampaikan kajian proyek KA Jakarta-Surabaya akan rampung pada Agustus 2018. Namun, hingga saat ini belum ada perkembangan signifikan perihal proyek tersebut.

Baca juga: Studi KA cepat Jakarta-Surabaya masuk tahap finalisasi

Baca juga: Wapres nyatakan model perlintasan KA Jakarta-Surabaya masih dipertimbangkan


 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar