Jakarta (ANTARA News) - Pusat Studi Strategis Islami Kerajaan Yordania memasukkan nama Presiden Joko Widodo, serta Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, dan Habib Luthfi bin Yahya ke dalam 50 tokoh muslim 2019 berpengaruh di dunia.
   
"Publikasi ini ditetapkan untuk mempertegas keberpengaruhan sejumlah muslim di masyarakat atau yang mewakili masyarakat itu. Keberpengaruhan itu adalah siapa pun yang memiliki kekuasaan baik secara budaya, ideologi, keuangan, politik, dan hal lain untuk membuat perubahan yang dapat memberikan dampak signifikan bagi dunia muslim," demikian pembukaan pada buku berjudul The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2019 yang didapat Antara dari laman www.themuslim500.com pada Jumat.
   
Terdapat sekitar 1,9 miliar umat muslim di dunia hingga hari ini atau mencapai 24,7 persen dari populasi dunia, hampir menyentuh seperempat jumlah manusia.
   
Presiden Indonesia, Joko Widodo, berada pada posisi ke-16 sementara Said Aqil Siroj berada di nomor 20.
   
Pemaparan tentang Presiden Jokowi berada di halaman 80-81 pada buku tersebut.
   
Keterangan mengenai latar belakang Jokowi seperti peran dan perjalanan karirnya saat memimpin sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga sebagai Presiden secara singkat dipaparkan pada halaman itu.
   
Tidak ketinggalan kebiasaan "blusukan" Presiden pun masuk dalam sorotan buku The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2019.
   
"Presiden Widodo terkenal dengan kunjungan mendadaknya untuk melihat dan mendengar secara langsung dari masyarakat setempat. Hal ini membuatnya dapat mengetahui langsung permasalahan maupun kritik-kritik sehingga membangun hubungan personal yang kuat dengan masyarakat," demikian dikutip dari buku tersebut.
   
Foto yang menampilkan keindahan Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat juga terpampang menghiasi kaki halaman.
   
Sementara itu, pemaparan mengenai Said Aqil Siroj  berada pada halaman 88-89.
   
Keterangan mengenai Said Aqil menampilkan secara singkat sejumlah perannya dalam kegiatan PBNU, Komnas HAM, pendidikan dan pelayanan sosial.
   
Selain itu, Habib Luthfi bin Yahya berada pada nomor 37 di halaman 105.
   
Dalam keterangannya Habib Luthfi telah mendirikan ribuan sekolah, masjid di Indonesia.
   
Para tokoh yang dimuat itu dinilai oleh pusat studi antara lain akademisi keagamaan yang langsung menangani umat muslim dan mempengaruhi kepercayaannya maupun pejabat pemerintahan di dunia yang meregulasi faktor sosial dan ekonomi di masing-masing negara, serta para artis yang membuat budaya popular.
   
Terdapat 13 kategori individu muslim yang tercakup dalam buku tersebut, yakni akademisi bidang agama, politisi, pejabat urusan agama, ustadz dan pembimbing agama, pegiat sektor filantrofis/amal dan pembangunan, isu sosial, bisnis, iptek, seni dan budaya, pelantun Al Quran, media, bintang olahraga dan selebriti, maupun ekstrimis.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018