Solo (ANTARA News) - Empat tim siap berlaga di partai semifinal turnamen pramusim Liga Bola Basket Indonesia, IBL GO-JEK Tournament yang akan digelar di GOR Sritex, Solo, pada Sabtu.

Pada partai semifinal pertama, Stapac Jakarta akan bertemu dengan Satria Muda Pertamina Jakarta.

Stapac memastikan tempat di semifinal setelah menang 74-45 atas Pacific Caesar Surabaya pada Kamis untuk menjadi runner-up Grup Putih yang akan bertemu dengan Juara Grup Merah.

"Pada dasarnya kami tidak akan memperhatikan siapa lawan kami. Seban di turnamen ini, kami akan mencoba untuk fokus pada tim sendiri. Pertandingan melawan Pacific sudah bagus, tapi bisa ditingkatkan lagi. Jadi semifinal ataupun apapun itu tidak akan berpengaruh pada kami. Kami tetap fokus pada tim kami sendiri," kata Pelatih Stapac Jakarta Giedrius Zibenas seperti dikutip laman resmi IBL.

Satria Muda Pertamina Jakarta memuncaki klasemen Grup Merah dengan empat kemenangan. Pada laga terakhir babak penyisihan grup, Satria Muda menang 95-56 atas Bogor Siliwangi.

"Selama babak penyisihan, kami kurang mendapatkan tekanan dari tim-tim lawan. Itu yang justru kurang bagus untuk pemain. Maka dari itu, kami harus tetap berkonsentrasi dan tidak lengah di semifinal nanti. Sedangkan Stapac kini punya pelatih baru. Mereka terlihat punya cara bermain yang berbeda. Jadi kami harus siap menghadapi mereka," kata pelatih Satria Muda, Youbel Sondakh.

Kemudian Pelita Jaya Basketball Club, yang memastikan posisi puncak klasemen Grup Putih setelah mengalahkan Hangtuah 86-66, akan ditunggu oleh Garuda Bandung pada semifinal.

"Kita tahu, Garuda tim yang solid. Mereka punya materi pemain yang bagus dan pelatih yang bagus. Yang penting saat melawan Garuda, kami harus bermain sesuai dengan game plan saja," kata pelatih Pelita Jaya, Johannis Winar.

Garuda Bandung melangkah ke semifinal setelah menang 85-71 atas Satya Wacana.

"Di pre-season ini kami ingin fokus pada permainan kami sendiri. Bukan menyesuaikan dengan permainan orang lain. Tetapi di pertandingan, kami juga harus cepat menemukan ritme permainan. Bukan seperti di tiga laga sebelumnya. Kalau kami salah di awal, akan sulit untuk bangkit. Apalagi melawan tim-tim seperti Pelita Jaya dan Satria Muda," ucap pelatih Garuda Bandung Andre Yuwadi.

Baca juga: Bola Basket (Rangkuman dan jadwal) - PJ-SM Menangi Laga Perdana Pramusim

Baca juga: Hasil Penjualan Tiket Pramusim IBL untuk Palu-Donggala

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018