Layanan data center Telkomsigma dirancang dengan mengacu pada standar internasional dari lembaga sertifikasi Uptime Institute yang didukung Telkom Indonesia dan dengan solusi “Always On
     Jakarta (ANTARA News) - Telkomsigma, perusahaan penyedia solusi teknologi informasi terintegrasi, memastikan layanan pusat data yang dimiliki sudah berstandar internasional didukung konektivitas dengan cakupan sangat besar.

     “Layanan data center Telkomsigma dirancang dengan mengacu pada standar internasional dari lembaga sertifikasi Uptime Institute yang didukung Telkom Indonesia dan dengan solusi “Always On,” kata CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto, dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

     Solusi Always On, memungkinkan perusahaan-perusahaan meningkatkan layanan cloud untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara real time dan tanpa khawatir down.

     Menurut Iskriono, peran data center sebagai infrastruktur vital yang mendukung proses bisnis oprasional data perusahaan menuntut korporasi harus cermat dalam menentukan penyedia layanan data center yang tepat dan dapat diandalkan.

     “Layanan data center harus diserahkan kepada provider dengan rekan jejak terbaik dari segi aspek ketahanan dan keamanan layanan yang dikelola secara best practice, dan mengacu pada standar internasional,” ujarnya.

    Dari kaca mata konsumen, tentu tidak peduli apa itu server down akibat gangguan teknis dan sebagainya. Namun, berprinsip bahwa layanan yang disediakan perusahaan dapat diperoleh secara real-time dan kapan pun mereka inginkan.

      Telkomsigma memiliki tiga data center enterprise yang berada di Serpong, Sentul, dan Surabaya, Telkomsigma dapat menyediakan layanan data center yang bersifat “Always On”.

     Untuk kebutuhan pelanggan skala usaha kecil dan menengah (UKM), Telkomsigma menyediakan layanan data center di 12 kota yang tersebar di Indonesia, yaitu Jakarta, Serpong, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Medan, Bali, Balikpapan, Makassar, dan Manado.

     Lokasi data center Telkomsigma dipastikan akan terus bertambah seiring meningkatnya kebutuhan solusi  ICT di industri 4.0 dan juga untuk mendukung teknologi Edge Computing.

     Di level Asia Tenggara, Telkomsigma juga telah memperoleh pengakuan dari  Uptime Institute, sebagai data center yang pertama menerima sertifikat Tier III dengan peringkat Gold.

      Sertifikasi ini memperkuat kemampuan data center Telkomsigma untuk menghindari kesalahan, menjaga fungsionalitas TI, dan mendukung operasional yang efektif. Proses Sertifikasi Tier memastikan operasional selaras dengan tujuan bisnis organisasi, ekspektasi availability.

      Selain itu, keberhasilan Data Center Telkomsigma Surabaya tahun ini dalam melalui proses audit Tier Certification of Constructed Facility (TCCF) dari Uptime Institute, akan menjadi perolehan sertifikat Tier IV Facilities pertama bagi penyedia layanan data center di Indonesia.

    Telkomsigma juga memiliki ketersediaan layanan Data Center secara menyeluruh dan bersifat carrier neutral data center. Data center yang dikelola Telkomsigma tersebar di seluruh Indonesia dan dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan layanan pusatdata baik untuk bisnis berskala SME hingga korporasi.

     Dengan keunggulan tersebut, Telkomsigma siap mengelola seluruh data center services berbagai perusahaan dari segala segmen industri yang ingin berfokuspada bisnis utama, dengan proses migrasi singkat hanya dalam hitungan jam.

Baca juga: Telkomsigma luncurkan program akselerasi startup
Baca juga: Telkomsigma luncurkan "Mobile Cloud" garap sektor ritel

 

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018