Ambon tuan rumah Konferensi Musik Pasifik 2019

Ambon tuan rumah Konferensi Musik Pasifik 2019

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kiri) menerima cinderamata dari Ketua Komite Konferensi Musik Indonesia (KAMI) Glenn Fredly (kanan) usai menjadi pembicara pada KAMI yang dipusatkan di Taman Budaya Provinsi Maluku, Ambon, Maluku, Rabu (7/3/2018). KAMI yang berlangsung, 7-9 Maret 2018 tersebut diikuti ratusan peserta yang terdiri dari penyanyi, musisi, pencipta lagu, produser serta pihak-pihak terkait dalam ekosistem musik. (ANTARA /Izaac Mulyawan)

 Ambon  (ANTARA News) - Kota Ambon dipercaya  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Musik Pasifik (KMP) 2019.

 "Konferensi Musik Pasifik 2019 sesuai rencana akan dilaksanakan di kota Ambon tahun 2019. Hal tersebut dibuktikan melalui pertemuan koordinasi awal antara Bekraf-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan Ambon Music Office (AMO)," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Ambon, Senin.

  Ia mengatakan, konferensi musik tingkat Internasional dijadwalkan akan dilaksanakan bulan september 2019, jelang perayaan Hari Ulang Tahun Kota Ambon ke-444.

 Pada pelaksanaan KMP, juga akan dilaksanakan Business Summit dan Ambon Night, yang mana pesertanya merupakan duta besar negara peserta KMP 2019.

 "Kegiatan bertaraf internasional itu akan dimanfaatkan Pemkot Ambon untuk memaksimalkan seluruh potensi dalam menyukseskannya dan mengambil peluang bisnis guna memajukan Ambon," ujarnya.

 Richard menjelaskan, setelah sukses menyelenggarakan Konferensi Musik Indonesia (Kami) Maret 2018, maka akan dilanjutkan dengan KMP 2019.

 Konferensi musik merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses belajar membangun ekosistem musik di Indonesia.

 Kegiatan itu akan dihadiri para musisi guna membahas masalah musik di Indonesia, selain sebagai bentuk komitmen Ambon terhadap musik serta mempercepat penetapan Ambon sebagai kota musik dunia.

 Konferensi Musik Indonesia di Kota Ambon, menghasilkan 12 rencana aksi untuk keberlangsungan musik Indonesia.

 Rencana aksi sekaligus rekomendasi tersebut telah diserahkan langsung Ketua Komite Konferensi Musik Indonesia Glenn Fredly kepada Presiden Joko Widodo.

 Baca juga: Pemkot siapkan regulasi wujudkan Ambon kota musik dunia
Baca juga: Bekraf canangkan Ambon kota musik dunia

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar