Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata akan mendata agen perjalanan asing yang sudah teregistrasi guna mengatasi adanya praktik penjualan murah  paket wisata Bali kepada wisatawan mancanegara yang berdampak pada tidak optimalnya penerimaan devisa. 

Usai menghadiri pemaparan 4 tahun kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Sekretariat Negara Jakarta, Selasa, Menteri Pariwisata Arief  Yahya mengatakan akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata China.

Kedua kementerian itu akan mendata agen-agen perjalanan yang sudah terverifikasi baik oleh China National Tourism Agency (CNTA) maupun oleh Asosiasi Perusahaan Perjalanan dan Wisata Indonesia (Asita).

"Yang paling baik untuk mengatasi itu, sudah saya lakukan tetapi belum efektif yaitu 'registered travel agend'. Beberapa kali saya bertemu dengan Menpar China untuk memberikan daftar masing-masing travel agent yang diakui," kata Arief.

Ada pun kabar paket wisata Bali yang dijual murah kepada wisatawan asal China ini diduga dilakukan oleh agen perjalanan yang belum terbukti legalitasnya.

Wisatawan China pun diajak mengunjungi ke sejumlah pertokoan  yang menjual barang buatan negeri Tirai Bambu tersebut yang sebelumnya sudah diatur sedemikian rupa oleh agen wisata tertentu yang berafiliasi dengan tempat penjualan.

Akibatnya, penerimaan negara devisa kedatangan wisatawan Tiongkok itu tidak optimal. Per harinya, sekitar 3.000 hingga 3.500 wisatawan China tiba di Bali, diperkirakan sekitar 60 persen di antaranya mengikuti paket tur tersebut dengan perkiraan potensi pendapatan negara yang hilang mencapai Rp4 triliun sampai Rp5 triliun per tahun.

Menurut Arief, paket wisata murah atau dikenal dengan istilah "zero dollar tour" tidak hanya terjadi di Indonesia, khususnya Bali, tetapi juga banyak terjadi di Thailand. Hanya saja di Thailand ara persyaratan khusus terhadap wisatawan asing yang berkunjung.

"Yang dilakukan Thailand untuk menghadapi hal seperti ini, orang harus membawa uang sekitar Rp1,8 juta atau Rp2 juta kalau dibulatkan," kata Arief.

Ia mengatakan bahwa "zero dollar tour" ini tidak banyak terjadi di destinasi wisata Indonesia lainnya, mengingat 90 persen wisatawan China umumnya berkunjung ke Bali.

Baca juga: Gubernur singgung tentang paket wisata murah dari China ke Bali



 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2018