Malang (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 KH Ma`ruf Amin mengajak para ulama serta kiai khususnya dari wilayah Malang Raya, Jawa Timur untuk menjaga persatuan bangsa, agar terhindar dari gerakan radikalisme, separatisme, dan terorisme.

Ma`ruf Amin mengatakan, dirinya mengajak para kiai dan ulama yang ada saat ini untuk mengambil peran dan meneruskan perjuangan para pendahulu mereka, khususnya dalam menghadapi segala tantangan yang dihadapi Indonesia ke depannya.

"Kiai harus mengambil peran, tidak boleh masa bodoh. Harus meneruskan perjuangan para kiai dalam mengawal negara untuk menghadapi tantangan seperti separatisme, radikalisme, dan terorisme," kata Ma`ruf Amin, dalam Silaturahmi dan Ngopi Bareng KH Ma`ruf Amin, di Kota Malang, Senin.

Ma`ruf Amin menambahkan, para kiai, ulama, serta santri di Indonesia dan secara khusus di Kota Malang, diharapkan mampu mengawal negara supaya terjaga keutuhannya. Terlebih, pada 2019 memasuki masa pemilihan umum yang akan menentukan siapa pemimpin bangsa Indonesia kedepan.

Pesan tersebut disampaikan Ma`ruf Amin di hadapan kurang lebih sebanyak 300 kiai yang berasal dari wilayah Malang Raya, seperti Nahdlatul Ulama, dan pimpinan berbagai pondok pesantren. Malang Raya sendiri merupakan gabungan dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

"Negara ini harus kita kawal dengan baik dan menjaga keutuhan. Karena itu, dalam pilpres nanti (jika) berbeda pilihan, tetap menjaga keutuhan supaya tidak menyebabkan terjadinya perpecahan bangsa," ujar Ma`ruf Amin.

Ma`ruf Amin berada di Kota Malang dalam rangkaian kunjungan di Jawa Timur. Sebelumnya, Ma`ruf Amin juga berkunjung ke Surabaya untuk menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma`ruf Amin.

Setelah dari Kota Malang, rencananya Ma?ruf Amin akan menyambangi Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan kembali ke Jakarta pada Rabu, 31 Oktober 2018.

Pada pemilihan presiden 2019 mendatang, memunculkan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden. Presiden Joko Widodo akan berpasangan dengan KH Ma`ruf Amin sebagai calon wakil presidennya. Sementara Prabowo Subianto memilih Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga pengusaha, Sandiaga Uno.

Baca juga: Ma'ruf Amin tekankan keberadaan pekerja migran bukan kegagalan Presiden Jokowi
Baca juga: Ma'ruf Amin: Politisi "sontoloyo" tentu ada
Baca juga: Ma`ruf Amin minta dukungan kiai se-Malang Raya

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018