Jakarta (ANTARA News) - Badan SAR Nasional pada Jumat (2/11) akan menurunkan kapal dengan jangkar empat untuk mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat Lion Air yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10).

”Sehingga nanti kapal bisa berhenti d atas air tanpa bergerak. Setelah itu baru dilakukan proses pencarian,” kata Kepala Badan SAR Nasional M Syaugi
di Posko JITC Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis malam.

Kepala Balai Teknologi Survey Kelautan BPPT M Ilyas yang ikut dalam proses pencarian menyebutkan, pencarian CVR menjadi sulit karena di bawah laut yang menjadi titik pencarian ada pipa Pertamina yang membuat Kapal Baruna Jaya tak bisa menurunkan jangkar. 

”Tadi itu karena ada pipa Pertamina kami harus mudur sekitar 550 meter untuk mengoperasikan Remote Operating Vehicle. Tapi karena sulitnya arus kami pindah ke titik lain yang diduga menyimpan banyak serpihan,” kata dia.

Menurut Ilyas sejak awal Kapal Riset Baruna Jaya I milik BPPT yang digunakan mencari kotak hitam Lion Air JT610 memang sudah mendeteksi dua sinyal yang satu di antaranya menghasilkan temuan FDR.

Baca juga: Basarnas telah mengumpulkan 65 kantong jenazah
Baca juga: Tim optimistis CVR ditemukan pada Jumat
Baca juga: Belum ada tambahan jenazah korban teridentifikasi
Baca juga: DVI mengandalkan pencocokan DNA untuk mengidentifikasi korban Lion Air

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018