Vokasi UI gandeng BPJS Ketenagakerjaan dan Pertamedika

Vokasi UI gandeng BPJS  Ketenagakerjaan dan Pertamedika

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) bertukar cinderamata dengan Rektor UI Muhammad Anis (kiri) disaksikan Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Sigit Pranowo (kanan) seusai penandatanganan Perjanjian Kerjasama Magang Bersertifikat antara 12 Perusahaan BUMN dengan Program Pendidikan Vokasi UI pada peringatan Dies Natalis ke-10 Program Vokasi UI di Auditorium Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis (28/6/2018). Universitas Indonesia bersama BUMN melakukan Perjanjian Kerjasama Magang Bersertifikat antara 12 Perusahaan BUMN dengan Program Pendidikan Vokasi UI sebagai bentuk komitmen membangun kompetensi SDM di Indonesia. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Depok, Jabar (ANTARA News) - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) kembali menambah dua mitra industri, yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan PT Pertamina Bina Media (Pertamedika), sebagai upaya mencetak lulusan berkompeten serta memiliki daya serap tinggi di industri.

"Kini, Vokasi UI telah menjalin kerja sama setidaknya dengan 50 mitra industri, baik itu perusahaan swasta, BUMN maupun pemerintah," kata Direktur Vokasi UI Prof Dr Ir Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA, di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Jumat.

Penandatanganan kerja sama dilakukan langsung oleh Direktur Vokasi UI Prof Sigit Pranowo Hadiwardoyo dengan Direktur Utama Pertamedika Dr Dany Amrul Ichdan, SE, MSac, dan Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz.

Sigit mengatakan dengan terjalinnya kerja sama antara Vokasi UI dengan Pertamedika dan BPJS Ketenagakerjaan, maka para mahasiswa semester empat dan lima Vokasi UI dapat melakukan magang bersertifikat di kedua instansi tersebut.

Pada Pertamedika, yang berkesempatan magang di institusi tersebut adalah mahasiswa Jurusan Fisioterapi dan Okupasi Terapi Vokasi UI. Sedangkan di BPJS Ketenagakerjaan kesempatan magang terbuka bagi mahasiswa Vokasi UI berbagai jurusan seperti Asuransi dan Aktuaria, Komunikasi, Administrasi Perkantoran dan Sekretari.

Sigit menjelaskan sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, Vokasi UI menjalankan "Kurikulum 321" di mana tiga semester awal belajar di kampus, dua semester berikutnya studi kerja di industri dan satu semester akhir magang dapat diterapkan optimum jika memiliki mitra yang berkomitmen tinggi.

Sinergi antara institusi pendidikan dan industri, katanya, sangat berperan penting untuk menghasilkan lulusan berkompeten.

Baca juga: UI bekali akuntansi ke pengelola keuangan desa

Dengan bertambahnya jumlah mitra industri Vokasi UI, diharapkan dapat memperkaya penguasaan ilmu, peningkatan kemampuan dalam bidang kerja serta membuka jaringan agar setelah lulus, para mahasiswa dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan atau berwirausaha secara mandiri.

Tak hanya magang, kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan juga termasuk Vokasi UI yang menyediakan Tempat Uji Kompetensi untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), melayani sertifikasi terkait Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, serta menyediakan pelatihan, kajian terapan, konsultasi bisnis bagi para mitra, karyawan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Program Pendidikan Vokasi UI merupakan pendidikan tinggi kejuruan diploma (D3) yang menyiapkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan, atau berwirausaha secara mandiri.

Sejalan dengan tujuan tersebut inti pengajaran pada program pendidikan vokasi lebih mengutamakan keterampilan dan keahlian. 

Adapun Program Studi yang ada di Vokasi UI adalah: Akuntansi, Pariwisata, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Perumahsakitan, Okupasio Terapi, Fisioterapi, Administrasi Perkantoran dan Sekretari, Perpajakan, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Administrasi Asuransi dan Aktuaria. 

Baca juga: Kementerian BUMN-Vokasi UI buka program magang bersertifikat

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Wapres JK resmikan komunitas dan kampus sehat UI

Komentar