Hijrah dari yang senang perpecahan jadi yang senang persatuan, hijrah yang dari tadinya seneng monopoli jadi seneng kompetisi jangan mau mendapat proteksi saja, dan terakhir hijrah dari individualis menjadi kolaborasi, kerja sama-sama."
Jakarta (ANTARA News) - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo yang meminta para pengusaha muda berhijrah mendapat sambutan positif dan menjadi trending topik di #HijrahBersamaJokowi.

"Berhijrah dari yang konsumtif menjadi produktif, hijrah dari yang marah-marah ke yang sabar karena sabar dan pekerja keras adalah ciri-ciri HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia)," kata Jokowi dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) di hotel Fairmont Jakarta, Sabtu.

Berdasarkan pantauan Antara di twitter.com,#HijrahBersamaJokowi hingga pukul 17.50 WIB langsung mendapat komentar dari sekitar 35.500 tweets.
 
Capture #HijrahBersamaJokowi di twitter.com, Sabtu (3/11/2018) (Twitter.com)

Dalam Repnas yang mendeklarasikan janji mendukung pemenangan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin, Jokowi mengajak ke arah perbaikan diri dan bangsa.

"Hijrah dari yang senang perpecahan jadi yang senang persatuan, hijrah yang dari tadinya seneng monopoli jadi seneng kompetisi jangan mau mendapat proteksi saja, dan terakhir hijrah dari individualis menjadi kolaborasi, kerja sama-sama," ungkap Jokowi.

Ajakan Jokowi ini langsung mendapat berbagai komentar positif dari para netizen, diantaranya komentar Lala Seilonada.

"Dengan hijrah bersama. Indonesia akan semakin indah dan tentunya dengan bergandengan tangan #HijrahBersamaJokowi," kata Lala Seilonada dalam akunnya ‏ @lalaaa_sn.

Komentar positif lainnya juga disuarakan oleh Muadz Mutakhir dalam akunnya @M_Mutakhir97 yang menyebut Presiden Jokowi mengajak anak-anak muda untuk selalu bergerak dan mencintai proses.

"Karena sejatinya hidup adalah perjuangan dan keyakinan. Untuk mencapai target tersebut, anak-anak muda harus menanamkan tiga prinsip; kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas," kata @M_Mutakhir97.

Komentar lain, santri abadi di akun @santrikiai, "Hijrah itu bukan hanya dalam konteks lahiriah saja tapi juga secara psikologis dan perbuatan #HijrahBersamaJokowi."

Dalam acara Repnas ini hadir juga Ketua DPR Bambang Soesatyo dan sejumlah pengusaha yang juga petinggi negara antara lain Budi Karya Sumadi, Enggartiasto Lukito serta sejumlah politikus seperti Pramono Anung dan Maruarar Sirait.

Dalam acara itu, Ketua Nasional Repnas Eka Sastra yang juga merupakan Anggota Komisi VI DPR RI dari fraksi Partai Golkar mengatakan bahwa Repnas akan menjelaskan isu ekonomi kepada publik.

"Repnas akan menjadi kader terdepan menjelaskan isu ekonomi kepada publik sebagai pengusaha muda yang merasakan perekonomian saat ini. Para pengusaha lokal tidak hanya menjadi objek pembangunan tapi subjek pembangunan," kata Eka.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018