Indonesia berkomitmen untuk membangun industri manufaktur nasional yang berdaya saing global
Jakarta (ANTARA News) - Industri pengolahan masih konsisten memberikan kontribusi besar dalam struktur produk domestik bruto (PDB) dengan porsi mencapai 19,66 persen pada triwulan III tahun 2018.

"Dalam upaya meningkatkan kinerja industri manufaktur, pemerintah telah mengeluarkan beberapa paket kebijakan ekonomi dan kemudahan perizinan usaha agar dapat menciptakan iklim bisnis di Tanah Air yang semakin kondusif," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto melalui keterangannya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, pemerintah juga sudah meluncurkan peta jalan Making Indonesia 4.0 yang sekaligus dijadikan sebagai agenda nasional dan strategi Indonesia untuk kesiapan memasuki era revolusi industri 4.0.

"Artinya, Indonesia berkomitmen untuk membangun industri manufaktur nasional yang berdaya saing global," tegasnya.

Adapun 10 program prioritas di dalam Making Indonesia 4.0 yang perlu dijalankan, yaitu perbaikan alur aliran material, mendesain ulang zona industri, mengakomodasi standar keberlanjutan, pemberdayaan UMKM, dan membangun infrastruktur digital.

Selain itu, menarik investasi, meningkatkan kualitas SDM, pembentukan ekosistem inovasi, pemberian insentif investasi teknologi, serta harmonisasi aturan dan kebijakan.

"Melalui peta jalan tersebut, Indonesia ditargetkan menjadi bagian 10 negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2030," ungkap Airlangga.

Target itu bisa tercapai karena didorong dari peningkatan kembali nett ekspor 10 persen kepada PDB, peningkatan produktivitas hingga dua kali lipat, dan terciptanya 10 juta lapangan kerja baru pada tahun 2030.

Di dalam Making Indonesia 4.0, lima sektor manufaktur dipilih untuk menjadi pionir dalam implementasi industri 4.0, yaitu industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, dan elektronika.

Beberapa sektor yang tengah mendapat prioritas pengembangan tersebut, menunjukkan kinerja yang cukup gemilang pada triwulan III-2018.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), di kuartal ketiga tahun ini, industri tekstil dan pakaian tumbuh sebesar 10,17 persen, industri makanan dan minuman 8,10 persen, serta industri alat angkutan 5,37 persen.

Kinerja ketiga sektor ini mampu melampaui pertumbuhan ekonomi yang mencapai 5,15 persen.

Sektor lain yang juga tumbuh positif di atas PDB, di antaranya industri karet, barang dari karet dan plastik tumbuh sebesar 12,34 persen, industri kulit, serta barang dari kulit dan alas kaki 8,83 persen.

Kemudian, industri logam dasar 8,11 persen, serta industri barang logam bukan mesin dan peralatannya 6,46 persen. Dari capaian-capaian tersebut, industri pengolahan nonmigas tumbuh di angka 5,01 persen.

Baca juga: Darmin: Pertumbuhan triwulan III-2018 merupakan pencapaian yang baik

Baca juga: BI perkirakan pertumbuhan kuartal IV tidak jauh dari 5,17 persen


 

 

 

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018