Bandung (ANTARA News) - Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo, menyaksikan Deklarasi Jawa Barat Kondusif yang dilakukan oleh para komunitas kreatif masyarakat Bandung dan Jawa Barat.
   
"Saya sangat menyambut baik pernyataan Deklarasi Jabar Kondusif yang kita, saya rasa semua Warga Negara Indonesia menginginkan agar tanah air kita yang berbeda suku, agama, berbeda bahasa daerah, berbeda-beda semuanya ini tetap dalam kondisi tenang, rukun, yang bersatu," kata Jokowi saat sambutan dalam acara Festiv Jabar Kondusif, di Jalan Braga, Bandung, Minggu.
   
Menurut Jokowi, persatuan dan kesatuan serta kerukunan Tanah Air adalah aset terbesar bangsa.
   
Dia menambahkan, Bandung maupun Jawa Barat menjadi pelopor bagi suasana ketenangan dan keadaan kondusif Indonesia.
 
.
Jokowi menghadiri acara deklarasi yang dihadiri oleh sejumlah komunitas, penggiat ekonomi kreatif dan ormas di Jawa Barat itu dengan mengendarai motor custom Kawasaki W175 yang dimodifikasi bergaya tracker.
   
Ketua Penyelenggara Festival Jabar Kondusif, Budi Dalton, membacakan Deklarasi Jawa Barat Kondusif di atas panggung di Jalan Braga.
   
"Komunitas kreatif Jawa Barat akan tetap mendorong dan menjaga suasana yang nyaman dan aman di provinsi ini sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dan dengan demikian menciptakan ruang yang bebas bagi mereka di dalam mengekspresiakn diri dalam karya guna turut membantu pemerintah menjalankan program pembangunan yang berkelanjutan demi persatuan dan kesatuan Republik Indonesia," demikian Deklarasi Jabar Kondusif dia bacakan.
   
Festival itu menyajikan sejumlah gerai yang menjual benda kreatif dan ekonomi kreatif antara lain lukisan, alat sangrai kopi, dan alat musik seni Sunda. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018