Jakarta, (Antara News) - Atlet bulu tangkis ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Della Destiara Haris langsung tumbang pada laga perdana mereka dalam turnamen Hong Kong Terbuka 2018 di Kowloon, Hong Kong, Selasa.

Tontowi/Della yang merupakan pasangan baru ganda campuran pemusatan latihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), seperti dipantau Antara di Jakarta dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), kalah dalam dua gim langsung 15-21, 9-21 selama 32 menit permainan dari pasangan Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

"Saya merasa gugup karena sudah lama tidak main pada nomor ganda campuran. Pola permainan ganda campuran berbeda dengan ganda putri," kata Della tentang permainannya bersama Tontowi Ahmad yang merupakan pasangan Liliyana Natsir itu seperti tercantum dalam situs PBSI.

Della mengaku terakhir kali turun pada nomor ganda campuran pada 2014 dan berpasangan dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

"Saya langsung turun pada ganda campuran lagi dalam turnamen tingkat Super 500 sehingga saya belum dapat bermain maksimal," kata Della.

Sementara, Owi, sapaan Tontowi, mengaku belum dapat suasana kekompakan saat bermain dengan Della. "Saya antusias untuk bermain dengan pemain baru. Hanya saja, kami baru berlatih sekali," kata Owi yang akan berganti pasangan karena selepas Liliyana pensiun sebagai atlet.

Owi mengaku harus banyak melakukan latihan bersama Della sebelum kembali turun pada turnamen tingat Super 500. "Watanabe/Higashino adalah pasangan lama. Della punya kesempatan pada permainan tadi terutama pada gim pertama. Tapi pada gim kedua, kami bermain kurang sabar dan tidak punya pola permainan," kata Owi.

Meskipun Owi/Della kalah, Indonesia menempatkan dua pasangan campuran ke putaran kedua Hong Kong Terbuka 2018. Mereka adalah ganda Ronald Alexander/Annisa Saufika dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Ronald/Annisa menang atas pasangan unggulan lima asal China Zhang Nan/Li Yunhui dalam 28 menit dengan skor 21-14, 21-15. Sedangkan Praveen/Melati menaklukkan pasangan tuan rumah Hong Kong Chang Tak Ching/Ng Wing Yung dalam tiga gim 18-21, 21-15, 21-15 dalam 46 menit permainan.

Indonesia masih menyisakan satu pasangan campuran yang akan bertanding pada Rabu (14/11) yaitu Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Hafiz/Gloria akan menghadapi pasangan lain Hong Kong Yonny Chung/Wu Yi Ting. ***4***

Baca juga: Prancis Terbuka akhiri penampilan Owi/Butet di Eropa
 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018