...perlu dilakukan antisipasi agar lonjakannya tidak terlalu tinggi
Jakarta (ANTARA News) - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai ancaman inflasi akibat melonjaknya harga pangan di akhir tahun.

Peneliti INDEF Riza Annisa Pujarama mengatakan, dalam delapan tahun terakhir, inflasi di Desember untuk bahan makanan selalu lebih tinggi dari inflasi umum. Harga pangan biasanya mulai merangkak naik di November sebelum mencapai puncaknya di Desember.

"Berdasarkan pola pergerakan data inflasi 2014 sampai 2017, memasuki November, inflasi barang bergejolak akan meningkat dan kembali menurun di Januari. Hal ini berpotensi besar terulang kembali di akhir tahun 2018 sehingga perlu dilakukan antisipasi agar lonjakannya tidak terlalu tinggi," ujar Riza saat jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Pada 2018, inflasi dipicu oleh mulai naiknya inflasi inti dan inflasi barang bergejolak. Depresiasi nilai tukar rupiah mendorong tingkat inflasi inti. Ketika rata-rata nilai tukar rupiah melonjak di Juli di angka Rp14.400-an per dolar AS saat itu, inflasi inti ikut melonjak hingga 0,41 persen, angka tertinggi sepanjang Januari hingga Oktober 2018. Sedangkan inflasi barang bergejolak terutama terjadi karena lonjakan beberapa komoditas.

Sementara itu, inflasi harga yang diatur pemerintah bergerak stabil di 2018. Hingga Oktober 2018, inflasi harga yang diatur pemerintah bergerak relatif rendah dan stabil. Hal itu disebabkan pemerintah tidak menaikkan harga BBM bersubsidi dan Tarif Dasar Listrik (TDL) di 2018 sehingga inflasi harga yang diatur pemerintah bergerak lebih stabil dan lebih rendah dibandingkan dengan 2017.

Bahan makanan dan makanan jadi seperti beras, daging, daging ayam ras, telur ayam ras, dan bumbu dapur, menjadi pemicu langganan inflasi untuk barang bergejolak. Tak terkecuali di 2018, harga komoditas harga bahan-bahan pangan tersebut acapkali melambung dan mendorong inflasi umum.

Pada 2018 beras menjadi polemik tersendiri karena data pangan yang tidak akurat. Harga telur dan daging ayam ras juta terus mengalami peningkatan sejak Mei 2018 hingga puncaknya terjadi di Juli 2018 disebabkan kurangnya pasokan telur dan daging ayam ras. Sementara itu harga daging pada tahun ini relatif lebih stabil pergerakannya meski mengalami sedikit peningkatan.

Wakil Direktur INDEF Eko Listyanto menambahkan penyebab utama inflasi pangan di akhir tahun umumnya adalah momentum hari raya keagamaan dan libur akhir tahun. Namun, apapun penyebabnya, yang diperlukan masyarakat adalah kepastian akan stabilnya harga-harga.

"Oleh karena itu, pengambil kebijakan tidak dapat terus berlindung dengan alasan kedua momen tersebut secara terus menerus. Harus ada keseriusan dari pemerintah untuk memutus siklus dan mencari solusi agar harga pangan di akhir tahun lebih terkendali," ujar Eko.

Baca juga: Neraca perdagangan kembali defisit, capai 1,82 miliar dolar pada Oktober

Baca juga: BI prediksikan inflasi 0,16 persen pada November
 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2018