Jakarta (ANTARA News) - Warga di RT01/08 Pademangan Jakarta Utara yang menjadi korban longsor bantaran kali mendukung rencana pembangunan kembali rumah mereka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Kalau saya sih senang, kalau mau dibangun lagi rumahnya. Semoga nanti sertifikatnya juga bisa cepat diurus dan kami terima," tutur Eli, salah seorang korban longsoran?saat ditemui di lokasi pengungsian di Jakarta, Rabu.

Eli menjadi salah satu yang terdampak longsoran di bantaran anak Sungai Ciliwung Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu.

Akibat peristiwa tersebut, sebanyak delapan Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal dan terpaksa ditampung di pengungsian yang tidak jauh dari lokasi kejadian.

Menurut Eli, kondisi pengungsian saat ini jauh lebih baik dibanding pada hari pertama mengungsi.

"Tendanya sudah diganti yang lebih besar, sudah ada bantuan logistik juga," katanya memaparkan situasi di pengungsian.

Sebelumnya, Gubernur Anies menyampaikan pihaknya berencana akan membangun kembali rumah warga yang terdampak longsor di bantaran anak Sungai Ciliwung sebagai solusi bantuan jangka pendek.

Namun sebelum membangun kembali rumah warga, pihaknya akan terlebih dulu membangun tembok penahan sepanjang 80 meter yang diperkirakan akan rampung dalam waktu dua pekan.

Sementara untuk jangka panjang, Pemprov DKI Jakarta secara luas akan melakukan penataan kawasan Jakarta terutama yang berada di sekitar bantaran sungai.

Baca juga: Pemprov DKI bangun kembali rumah terdampak longsor di Pademangan
 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018