Jakarta (ANTARA News) - Safari Kebangsaan tahap kedua untuk konsolidasi pemenangan PDI Perjuangan pada pemilu legislatif dan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu 2019 menyusuri jalur selatan Jawa.

"Sesuai arahan Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati Soekarnoputri, kami akan melakukan Safari Politik Kebangsaan II dengan menempuh wilayah Selatan Jawa," kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Sabtu, sebelum memulai safari.

Dari Jakarta, safari dimulai dengan konsolidasi di Bandung dan Bandung Barat, kemudian ke Garut untuk bertemu dengan UMKM.

Dilanjutkan ke Tasikmalaya dan Pangandaran untuk melihat kehidupan nelayan daerah yang dipimpin kader PDI Perjuangan.

Safari akan berlanjut menuju Cilacap yang kaya tenaga terampil untuk konstruksi. Setelah itu, Magelang menjadi tujuan berikutnya.

"Selanjutnya ke Borobudur untuk melihat bagaimana abad ke-7 kita sudah menjadi bangsa yang di dalam capaian peradaban itu luar biasa," tutur Kristiyanto.

Safari Kebangsaan kedua akan diakhiri dengan konsolidasi di Sleman, DIY, sebagai pusat pengembangan kebudayaan yang penuh dengan toleransi sebagai miniatur Indonesia.

Menurut dia, selama ini wilayah selatan Jawa tidak banyak mendapat perhatian, tetapi sesuai visi Presiden Joko Widodo untuk membangun dari pinggiran, perekonomian wilayah selatan Jawa harus dikembangkan.

Termasuk pengembangan laut selatan Jawa yang alamnya kaya untuk kegiatan pariwisata.

Di dalam rombongan, hadir Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat, bersama sejumlah calon anggota legislatif untuk wilayah safari, yakni Ono Surono (Dapil Jawa Barat VIII), Vita Ervina (Dapil Jawa Tengah VI), dan Yayan Sopyani Alhadi (Dapil Jawa Barat X).

Baca juga: Sekjen PDIP pimpin Safari Kebangsaan tahap kedua

Baca juga: PDIP: safari kebangsaan untuk kuatkan dukungan

Baca juga: Sekjen PDIP ingatkan jangan terlena hasil survei

Pewarta: Dyah Astuti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018