Manado (ANTARA News) - Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka, Brigadir Jenderal TNI Fajar Setyawan, memimpin acara serah terima jabatan kepala penerangan Kodam VIII/Merdeka, dari Kolonel Infantri Muhammad Thohir kepada Kolonel Kavaleri Mohammad Jaelani.

Selain itu juga jabatan komandan Detasemen Intel Kodam XIII/Merdeka, dari Letnan Kolonel CZI Donny Ardhiwida kepada Letnan Kolonel  Infantri Herbeth Sinaga, di Manado, Selasa.

Setyawan mengatakan, alih tugas dan jabatan di setiap organisasi, termasuk di lingkungan TNI, adalah hal yang biasa.

"Di samping untuk penyegaran, pergantian pejabat dan mutasi personel merupakan wujud regenerasi dan kebutuhan organisasi," katanya.

Ia mengatakan, Jaelani pada posisi barunya memiliki tugas dan tanggung jawab fungsi penerangan, baik penerangan satuan, penerangan umum, penerangan khusus maupun penulisan strategis Kodam XIII/Merdeka.

Oleh karena itu, kata dia, dia juga bertanggung jawab untuk membentuk citra positif Kodam XIII/Merdeka.

Sementara, Sinaga memiliki tugas melaksanakan kegiatan dan operasi intelijen dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam XIII/Merdeka.

"Kekhususan kegiatan intelijen ini menuntut kemampuan spesifik sebagai mata dan telinganya komando dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks," katanya.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018