Banda Aceh (ANTARA News) - Bupati Aceh Barat H Ramli MS menyatakan daerah yang dipimpinnya tersebut sudah tergolong darurat banjir seiring ratusan gampong/desa di sejumlah kecamatan kerap dilanda banjir sejak September hingga Desember 2018.

"Kami sangat berharap dukungan dari Pemerintah Aceh dan juga Pusat sebab Aceh Barat saat ini sudah darurat banjir," kata Ramli di sela-sela mengunjungi korban banjir di Woyla Barat, Minggu.

Ia menjelaskan bencana banjir yang kerap melanda kawasan tersebut mengakibatkan aktivitas masyarakat terganggu serta berdampak terhadap harta benda termasuk ternak milik masyarakat setempat.

Ada pun kecamatan sangat rawan rendaman banjir meliputi Kecamatan Woyla Barat, Woyla Timur, Woyla, Samatiga, Kaway XVI, Meureubo dan Johan Pahlawan.

Menurut dia dampak lainnya yang ditimbulkan oleh bencana banjir adalah sebagian arus transportasi antar kecamatan lumpuh sebab ketinggian air mulai 50 centimeter sampai mencapai dua meter.

Ia menambahkan, dampak lainnya yang ditimbulkan oleh banjir yang terus melanda kawasan Aceh Barat sejak Oktober 2018, persediaan bantuan masa panik yang berada di gudang Dinas Sosial menipis.

Orang nomor satu di Kabupaten Aceh Barat tersebut meminta Pemerintah Aceh dan Pemerintah Pusat untuk segera turun guna membantu pemerintah daerah, dalam menanggulangi musibah banjir yang kerap melanda kawasan itu.

Baca juga: Banjir masih rendam 67 rumah di Aceh Barat
Baca juga: Banjir rob landa Aceh Barat
Baca juga: Banjir bandang terjang Aceh Tenggara

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018