Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Thailand untuk Indonesia, di Jakarta, Selasa malam, merayakan hari nasional Kerajaan Thailand yang jatuh pada 5 Desember.

"5 Desember adalah hari yang spesial bagi rakyat Thailand. Hari tersebut dijadikan hari nasional Thailand karena merupakan hari ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej atau Raja Rama IX," ujar Duta Besar Thailand untuk Indonesia Songphol Sukchan.

Raja Bhumibol Adulyadej adalah raja yang paling lama bertahta di Thailand.

Selama 70 tahun bertahta, lanjut dia, Raja Rama IX mencurahkan hidupnya untuk memperbaiki kehidupan rakyat Thailand, terutama di daerah terpencil.

"Beliau menginisiasi lebih dari 4.000 proyek pengembangan dalam bidang agrikultur, pendidikan, kesehatan publik, dan lingkungan untuk mengurangi kesenjangan sosial dan menjamin kehidupan yang berkelanjutan di akar rumput masyarakat," ujar Dubes Songphol.

Ketika dunia mengadopsi Agenda Pembangunan Berkelanjutan tahun 2030 PBB pada 2015, Raja Rama IX telah mengadvokasi pembangunan berkelanjutan tersebut selama puluhan tahun.

"Termasuk diantaranya menciptakan `Filosofi Ekonomi Berkecukupan` yang mengarahkan rakyat Thailand untuk hidup sederhana, bijak, dan dalam kewajaran demi kehidupan berkelanjutan," kata Dubes Songphol.

Sekarang, lanjut dia, `Filosofi Ekonomi Berkecukupan` itu diakui pada tingkat internasional dan diterapkan sebagai model pembangunan alternatif di berbagai negara.

"Hari ini kita menghormati Raja Rama IX yang telah mangkat. Bakti beliau menjadikan kehidupan masyarakat Thailand yang lebih baik akan dihargai selamanya," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen Kemendikbud RI, Didik Suhardi, mengaku terhormat mewakili pemerintah Indonesia untuk hadir dalam perayaan Hari Nasional Kerajaan Thailand.

"Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Indonesia, izinkan saya untuk menyampaikan ucapan selamat untuk Kerajaan Thailand," ujarnya saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendi.

Ia mengatakan Indonesia dan Thailand telah dan akan selalu menjalin persahabatan dan kerja sama yang kuat.

"Kami telah menikmati hubungan bilateral yang kuat sejak berdirinya hubungan diplomatik pada tahun 1950," ujar dia.

Sebagai negara yang bertetangga, lanjut dia, Indonesia dan Thailand memanfaatkan kedekatan mereka untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018