Tujuan 2019 adalah kolaborasi dengan pemerintah terutama di 'up stream' (hulu)
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Indonesian Petroleum Asssociation (IPA) Tumbur Parlindungan mengatakan pihaknya akan mendorong peningkatan eksplorasi migas secara masif di Indonesia. 

"Kami berharap pada 2019 akan makin banyak yang eksplorasi," katanya di Jakarta, Rabu. 

Ia mengatakan secara berkelanjutan akan terus mendukung target-target eksplorasi migas, selain juga akan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah. 

Tumbur menjelaskan IPA selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintah dari berbagai sisi, baik dari regulasi kebijakan, perpajakan hingga dengan Kementerian Perdagangan. 

"Tujuan 2019 adalah kolaborasi dengan pemerintah terutama di 'up stream' (hulu). Kami akan kerja sama terus untuk membuat investasi lebih atraktif. Kami juga ada target eksplorasi semakin meningkat," katanya. 

Untuk membuat lebih atraktif tersebut, Tumbur mengatakan dirinya akan menjalin komunikasi dengan para anggota IPA untuk mengkaji kebutuhan yang diperlukan pada 2019. 

Sementara itu, mantan Presiden IPA Ronald Gunawan menilai kondisi investasi pada 2018 lebih baik dari 2017.

Ia menyebutkan salah satu faktor penyebab membaiknya kondisi investasi karena penurunan harga minyak. 

Selain itu, kebijakan bagi hasil dengan skema kotor (gross split) juga dinilai tidak ada masalah bagi para perusahaan migas. Skema tersebut sempat menjadi pembahasan utama bagi para anggota IPA.

Baca juga: Arcandra: tiga hal utama temukan "Giant Discovery"
 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018