counter

BPBD Sukabumi evakuasi korban tewas tertimbun longsor

BPBD Sukabumi evakuasi korban tewas tertimbun longsor

Warga berjalan melewati jalan yang tertimbun tanah longsor di Desa Cikarang, Cidolog, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (12/11/2018). ANTARA FOTO/Nurul Ramadhan/kye.

Sukabumi,  (ANTARA News) - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengevakuasi korban tewas akibat tertimbun longsor di Kampung Cikaung Hilir, Jumat.

"Korban yang meninggal dunia akibat tertimbun longsor ini diketahui bernama Iyar (68) warga RT 003/003, Desa Babakanpanjang, Kecamatan Nagrak," kata Tim Unit Reaksi Cepat (URC) BPBD Kabupaten Sukabumi Farhan Maulana di Sukabumi, Jumat.

Informasi yang dihimpun dari Tim URC BPBD setempat, kejadian longsornya tebing setinggi kurang lebih tujuh meter sekitar pukul 11.15 WIB tersebut berawal saat korban tengah berkebun di sekitar tebing. Diduga tanah tebing tersebut sudah labil akibat terus diguyur hujan deras dan akhirnya longsor.

Almarhumah Iyar yang berada di bawah tebing tidak bisa menyelamatkan diri dan akhirnya tertimbun. Warga yang mengetahui kejadian itu mencoba membantu dengan alat seadanya. Kemudian tidak lama Tim URC BPBD Kecamatan Nagrak tiba di lokasi dan berhasil mengevakuasi jasad korban sekitar satu jam setelah longsor.

Jenazah lansia ini pun langsung dibawa ke rumah duka yang tidak jauh dari tempat kejadian, dan langsung diurus oleh keluarga untuk dikebumikan selepas Sholat Jumat.

Sementara, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman mengatakan pihaknya sudah melakukan assesment dan meninjau ke lokasi bencana tanah longsor tersebut. 

Ia mengimbau kepada warga agar tidak  mendekati tebing itu karena khawatir terjadi longsor susulan.

Baca juga: Wilayah Sukabumi diterjang longsor dan banjir
Baca juga: Banjir rendam belasan rumah di Sukabumi
 

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar