Surabaya (ANTARA News) - Pembangkit listrik berkapasitas 10 ribu Mega Watt (MW) ditargetkan beroperasi pertengahan tahun 2009 sehingga dapat mengatasi krisis energi listrik di Jawa Timur, kata Juru Bicara PLN Distribusi Jawa Timur Agus Widayanto di Surabaya, Kamis..

Pembangkit bertenaga uap yang diharapkan mampu berproduksi pada pertengahan tahun diantaranya adalah PLTU Labuan berkapasitas sebesar 2 x 315 MW, PLTU Indramayu 3 x 330 MW dan PLTU Rembang 2 x 315 MW, papar Agus.

Jika ketiga PLTU terselesaikan sesuai target, maka wilayah Jawa, Bali dan Madura akan terhindar dari pemadaman listrik secara bergilir.

"Padahal pemadaman listrik secara bergilir bisa teratasi sejak pemerintah memberlakukan SKB (Surat Keputusan Bersama) lima menteri tentang pengalihan produksi industri saat terjadinya beban puncak listrik pada pukul 17.00 sampai pukul 22.00 WIB," katanya.

Ia menambahkan, realisasi SKB lima menteri di Jatim telah dijalankan oleh sekitar 100 industri dan hasilnya berupa enghematan listrik sampai 175 MW per hari yang dampaknya bisa dirasakan langsung masyarakat berupa tidak adan lagi pemadaman listrik. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009