counter

Enam pengungsi diselamatkan dari sampan di jalur sibuk pelayaran Inggris

Enam pengungsi diselamatkan dari sampan di jalur sibuk pelayaran Inggris

Seorang pelayar Inggris membantu seorang pria membawakan tasnya sebelum ia naik ke atas kapal pengawal British Royal Navy HMS Cumberland di pelabuhan Benghazi, Minggu (27/2). Kapal pengawal digunakan untuk mengevakuasi warga Inggris dan warga lain dari Libya. (FOTO ANTARA/REUTERS/Goran Toma)

London (ANTARA News) - Enam pengungsi diselamatkan dari sampan di Selat Inggris di lepas pelabuhan Dover pada Selasa dinihari, kata kementerian dalam negeri.

Kelima pria dan satu wanita itu menyatakan berasal dari Iran, yang terakhir dalam peningkatan kecenderungan warga Iran berusaha mencapai Inggris dengan berlayar di beberapa jalur pelayaran tersibuk di dunia.

"Mereka mendapatkan perawatan kesehatan dan diserahkan ke petugas imigrasi untuk diwawancarai," kata juru bicara kementerian.

Hampir 100 pengungsi, sebagian besar mengaku warga Iran, melakukan perjalanan serupa melintasi selat itu ke Inggris pada bulan lalu, demikian Reuters melaporkan.

Baca juga: Ribuan orang di London kecam kebijakan pengungsi Trump

Baca juga: Inggris didesak untuk terima lebih banyak pengungsi


Peningkatan jumlah warga Iran mencoba masuk ke Inggris baru-baru ini dikaitkan secara luas dengan tawaran bebas visa Serbia bagi warga Iran pada Agustus 2017 dalam upaya meningkatkan pariwisata. Ratusan orang Iran kemudian terbang ke Eropa untuk mengambil keuntungan dari tawaran itu.

Pada bulan lalu, Anggota Parlemen Konservatif untuk Dover, Charlie Elphicke, meminta lebih banyak dana pemerintah untuk menangani kedatangan pengungsi.

Editor: Boyke Soekapdjo

Pewarta:
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar