Blitar (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno melakukan ziarah ke Makam Presiden pertama Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Jawa Timur, dalam safari politiknya menjelang Pemilu Presiden 2019.

"Kami ziarah ke makam proklamator, Soekarno mendoakan agar diterangi alam barzahnya, di lapangkan kuburnya di terima di sisi Allah," kata dia setelah ziarah di Makam Bung Karno, sapaan akrab Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Rabu petang.

Ia mengaku terinspirasi dengan proklamator yang mampu sebagai penyambung lidah dari rakyat tersebut. Sebagai generasi muda, semangat dari Bung Karno patut diteladani.

"Ada inspirasi dari Sang Proklamator sebagai penyambung lidah rakyat dan generasi muda dengan sebuah semangat optimistis. Bangsa ini harus lebih baik dan Indonesia harus adil makmur, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafr," kata dia.

Terkait dengan optimitis meraih suara di Blitar, mengingat Blitar merupakan basis dari PDIP, Sandiaga mengaku dirinya berusaha untuk menangkap aspirasi warga Blitar sehingga sengaja datang.

"Tentunya kami ingin tangkap aspirasi warga di Blitar ini. Kami melihat satu potensi luar biasa dari Kota Blitar, Kabupaten Blitar dan sekitanrya, tentunya ini harapan kami untuk menjadikan ekonomi baru di 2019 dengan kebijakan yang berpihak ke UMKM," ujarnya.

Ia juga menambahkan ada pekerjaan yang harus segera dicarikan solusi atas permasalahan rakyat. Misalnya, harga bahan pokok hingga lapangan pekerjaan.

Masalah itu tentunya menjadi bahan tersendiri untuk membuat kebijakan yang bisa memberikan peluang untuk warga. Terlebih lagi, Indonesia sangat kaya, gemah ripah loh jinawi.

Dia menceritakan Jakarta mendapatkan suplai telur dari Blitar dengan adanya perjanjian kerja sama jangka panjang. Program itu bisa ditiru untuk bisa meningkatkan sinergisitas.

"Apa yang digagas DKI bisa menjadi model kerja sama untuk ke depan demi menghasilkan swasembada dan harga bahan pokok yang stabil," kata Sandiaga.

Sandiaga datang ke makam dengan mendapat kawalan dari para simpatisan dan pengurus partai pendukung. Sebelumnya ia menggunakan jalur darat dari Malang.

Sandiaga langsung masuk ke area makam dan ziarah. Ia berdoa dan tabur bunga.

Setelah ziarah, Sandiaga dijadwalkan bertemu para peternak Blitar, para kader dan tokoh masyarakat. Safari politiknya juga berlanjut ke Tulungagung, bertemu para pengusaha dan tokoh di kabupaten tersebut.
Baca juga: Sandiaga berbagi ilmu dengan pengusaha muslim Banyumas
Baca juga: Sandiaga Uno gemas Kebumen daerah termiskin kedua Jawa Tengah
Baca juga: Sandiaga ingin gerakkan ponpes di Madura untuk swasembada

Pewarta: Destyan Hendri Sujarwoko/Asmaul Chusna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018