Saya berharap dengan peresmian gedung ini, sinergi, hubungan baik, dan pelayanan kepada masyarakat dan seluruh stakeholder bisa ditingkatkan
Manokwari, Papua Barat (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meresmikan Gedung Keuangan Negara di Manokwari, Papua Barat, Rabu, untuk mempermudah sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Saya berharap dengan peresmian gedung ini, sinergi, hubungan baik, dan pelayanan kepada masyarakat dan seluruh stakeholder bisa ditingkatkan," kata Sri Mulyani dalam sambutan acara pembukaan yang dihadiri jajaran eselon satu Kementerian Keuangan.

Ia menambahkan peresmian Gedung Negara ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan instansi vertikal Kementerian Keuangan kepada pemerintah daerah maupun masyarakat Papua Barat.

"Kami hadir di setiap pelosok Indonesia, ikut melayani dan membantu pembangunan di daerah," kata Sri Mulyani.

Pembangunan Gedung Keuangan Negara Manokwari telah selesai dilaksanakan pada 29 April 2018, sesuai dengan Addendum IV Kontrak Nomor SP-06/GKN.11/2017 tanggal 29 Desember 2017.

Pembangunan Gedung Keuangan Negara Manokwari memakan waktu cukup lama karena terdapat beberapa kendala, baik secara administratif pengadaan maupun permasalahan hukum. 

Namun, penyelesaian pembangunan dapat terwujud berkat kerja sama yang baik antara Kementerian Keuangan dan Pengadilan Negeri Manokwari serta instansi terkait lainnya.
Gedung yang memiliki tiga lantai dengan total luas bangunan 3.840 meter persegi, didesain melambangkan logo Kementerian Keuangan dan mempunyai arti ungkapan suatu daya yang mempersatukan serta menyerasikan dalam gerak kerja untuk melaksanakan tugas.

Sejak 1 September 2018, Gedung Keuangan Negara Manokwari telah digunakan oleh beberapa satuan kerja, antara lain Sekretariat Perwakilan Kemenkeu Provinsi Papua Barat dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Manokwari.

Selain itu, juga untuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manokwari, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Papua Barat, serta Aula Gedung Keuangan Negara.

Peresmian yang dilaksanakan juga dihadiri oleh Gubernur Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, jajaran Pejabat Instansi Vertikal Kementerian/Lembaga Provinsi Papua Barat, dan Pejabat  Provinsi Papua Barat. 

Baca juga: Sri Mulyani kunjungi pos batas negara Skouw
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018