Sebagai upaya meningkatkan SDM
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan tengah menyusun "grand design" 2019-2045 untuk peningkatan keahlian dan produktivitas sumber daya manusia (SDM) dan akan dijadikan acuan dalam design pengembangan dan pelaksanaan reformasi birokrasi lima tahun pertama di BPSDM Perhubungan.  

“Grand Design diharapkan dapat mendukung perencanaan dari setiap moda transportasi secara terintegrasi untuk mencapai tujuan atau sasaran yang ditetapkan dalam rangka menyongsong Indonesia emas, 2045” kata kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubugan Umiyatun Hayati Triastuti di Jakarta, Rabu. 

Dalam mewujudkan pelayanan transportasi yang andal, berdaya saing serta berkesinambungan sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas sumber daya manusia sebagai pelaksananya dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, di mana juga transportasi merupakan urat nadi kehidupan ekonomi, sosial, budaya, politik, serta pertahanan keamanan. 

“Penyediaan dan pengembangan SDM di bidang transportasi merupakan tanggung jawab bersama dan perlu disinergikan antara pengembangan SDM oleh pemerintah, operator dan industri transportasi” kata Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan, Wahju Satrio Utomo. 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor. 189 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemenhub, BPSDMP mendapat amanah tugas dalam menyelenggarakan pelaksanaan pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang transportasi. 

Salah satu fungsi yang dilaksanakan yaitu Penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program pengembangan sumber daya manusia di bidang transportasi.

“Kepada asosiasi saya minta untuk memberikan suatu masukan tentunya dalam prioritas tertentu agar arah dari yang kita lakukan ini sesuai, sehingga pada saat kita melakukan pendidikan bagi masyarakat tidak saja mendapatkan pendidikan tetapi juga mendapatkan lapangan pekerjaan” tambah Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.
 
Dengan demikian, baik pemerintah (regulator), operator, industri transportasi, beserta seluruh pemangku kepentingan, dapat lebih berperan dalam mewujudkan sinergi peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang transportasi, sehingga terjadi “link and match” antara ketersediaan dan permintaannya.

Secara lebih spesifik, Grand Design ini akan dijadikan sebagai pedoman dan acuan pengembangan Sumber Daya Transportasi Nasional demi mendukung pengembangan transportasi nasional yang mendukung keseluruhan rangkaian pembangunan nasional, khususnya pembangunan ekonomi nasional. ***1***

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2018