Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia memperkirakan defisit transaksi berjalan sepanjang 2018 akan berada sekitar tiga persen dari produk domestik bruto (PDB) setelah pada November 2018, perdagangan internasional Indonesia mengalami defisit 2,05 miliar dolar AS atau tertinggi sepanjang tahun ini.

"Pada akhir 2018 secara keseluruhan tahun, defisit transaksi berjalan sekitar tiga persen PDB," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam jumpa pers Rapat Dewan Gubernur BI periode Desember 2018 di Jakarta, Kamis.

Proyeksi defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) sekitar tiga persen PDB ini berbeda dengan proyeksi sebelumnya yang selalu dikemukakan bank sentral yakni di bawah tiga persen PDB.

Oleh karena defisit perdagangan November 2018 yang cukup tinggi pula, BI melihat defisit transaksi berjalan pada kuartal IV 2018 akan melebihi tiga persen PDB.

"Untuk CAD, jangan terlalu kaget nanti akhir kuartal IV itu di atas tiga persen PDB," kata dia.

CAD merupakan parameter fundamental ekonomi domestik yang merekam arus perdagangan barang dan jasa dari Indonesia ke mancanegara. Oleh karena itu, CAD juga mencerimkan arus devisa yang masuk dan keluar Indonesia.

Meskipun CAD tinggi, Perry melihat impor, yang menjadi musababnya, masih didominasi barang modal dan bahan baku yang akan melahirkan kegiatan ekonomi produktif jangka panjang.

"Apalagi kompoisisi impornya adalah produktif. Sebagian untuk impornya adalah untuk barang modal dan bahan baku. Oleh karena itu, dalam jangka pendek ini, kita berupaya menurunkan CAD ke arah 2,5 persen dari PDB untuk 2019," kata Perry.

Meskipun CAD cukup besar, Perry meyakini secara keseluruhan neraca pembayaran 2018 akan surplus karena derasnya aliran modal asing masuk. Untuk November 2018 saja, modal asing ke domestik sebesar 7,9 miliar dolar AS. Investasi itu yang mengompensasi defisit transaksi berjalan sehingga neraca pembayaran diperkirakan tetap surplus.

Baca juga: Perbaikan neraca transaksi berjalan perlu kebijakan berkesinambungan
Baca juga: November merupakan defisit tertinggi sepanjang 2018
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018