Jakarta (ANTARA News) - Duo dub reggae soundsystem asal Bandung, Anjing Dub siap merilis debut albumnya di penghujung 2018 ini.

Sambil menunggu pesta rilisnya yang akan digelar pada 27 Desember 2018 nanti, duo yang diisi oleh Danil Usman (turntable) dan Terranova Waksman (toaster) ini memperkenalkan terlebih dahulu dua lagu tunggal mereka yang akan ada di album bertajuk “Gembira” itu.

Danil mengatakan dua lagu tunggal yang dirilis itu adalah “Gembira” dan “Kedelai Keledai”. Menurut Danil, lagu “Gembira” yang berjudul sama dengan albumnya, diciptakan secara spontan. 

Liriknya pun dibuat sederhana hanya dengan empat kata yakni “gembira, bersama, seirama, semua”.

“Hanya empat kata yang bisa membuat kita bernyanyi dan berdansa, dan bergembira tentunya,” kata Danil melalui keterangan tertulis, Jumat.

Sementara lagu tunggal kedua, liriknya diciptakan oleh tandemnya, Terranova Waksman. 

Beda dengan lagu “Gembira”, lagu “Kedelai Keledai” yang sudah dibuat jauh sebelum Anjing Dub terbentuk pada 2013 memiliki tema yang lebih serius. 

Menurut Terra, lagu ini punya cerita tentang keledai yang mengalami miskonsepsi atas hewan yang pemalas, padahal mereka bekerja keras baik di petanian, sebagai alat transportasi, bahkan berbagai ekspedisi penting. Keledai juga termasuk hewan yang cerdas, kontra dengan citra dungu yang selama ini dilekatkan. 

“Sedangkan kedelai adalah bahan penghasil tahu dan tempe yang merupakan khas Indonesia, tapi  harus diimpor dan dimonopoli oleh Amerika Serikat. Baru-baru ini dollar naik, kemudian tersiar berita bahwa hal ini mempengaruhi kestabilan harga kedelai, naik dan lagi-lagi rakyat jelata yang kena imbasnya,” kata Terra mengomentari falsafah dalam lagunya. Proses penggarapan album ini pun terbilang singkat. Dimulai sekira Oktober 2018, Danil dan Terra secara bertahap melakukan proses rekaman dan lokakarya dibantu oleh seorang teman, Bambang Dani. Semua proses ini dilakukan di sebuah ruang kreatif di Kawasan Lembang.

“Perjalanan cukup berkerikil dan di tahun kelima sejak terbentuk, Anjing Dub harus menghadirkan sebuah karya. Dan Voila! Menutup tahun 2018, sebuah telur telah menetas,” kata Danil.

Baca juga: Duta reggae Indonesia berbagi panggung dengan anak Bob Marley
Baca juga: Duta reggae angkat budaya nusantara dalam video klip terbaru

 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018