Pandeglang (ANTARA News) - Jalur transportasi dari Anyer, Kabupaten Serang ke Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten terputus akibat jalan dipenuhi puing reruntuhan resort dan rumah penduduk yang hancur diterjang gelombang pasang tsunami.

Kontributor Antara TV Rangga Ekaputera dari lokasi, Minggu, melaporkan para petugas sedang membersihkan puing-puing tersebut agar jalur itu bisa segera bisa dilewati kendaraan.

Rangga melaporkan, saat ini sedang dilakukan pembersihan badan jalan secara manual oleh petugas gabungan, di antaranya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang.

Ketua Badan Penyelamat Wisata Tirta Kabupaten Pandeglang Ade Arvin dikonfirmasi secara terpisah mengharapkan segera ada bantuan alat berat agar proses pembersihan badan jalan bisa cepat.

"Saat ini pembersihan dilakukan dengan secara manual. Kami harapkan ada bantuan alat berat sehingga bisa lebih cepat," katanya.

Jalan Anyer-Merak merupakan jalan nasional dan menjadi penghubung Kabupaten Serang-Kabupaten Pandeglang. Jalur itu juga menjadi jalur wisata.

Menurut dia, jalur tersebut sangat dibutuhkan untuk penanggulangan korban tsunami di kawasan pesisir Pantai Anyer, Serang hingga Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Baca juga: Bandarlampung bereskan dampak gelombang pasang

Pewarta: Sambas
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018