Masyarakat di sana sekarang 'nggak bisa beribadah, shalat Jumat jauh. Mereka memohon bantuan, akhirnya saya sepakati. Kalau soal urusan masjid saya pasti bantu, sedang kami rancang
Bandung,  (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggalang dana untuk pembangunan masjid di Palestina pada akhir Januari 2019, bersamaan dengan peluncuran rancangan masjid karya Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil.

"Masyarakat di sana sekarang 'nggak bisa beribadah, shalat Jumat jauh. Mereka memohon bantuan, akhirnya saya sepakati. Kalau soal urusan masjid saya pasti bantu, sedang kami rancang," katanya usai melakukan pertemuan dengan organisiasi Aman Palestin di Gedung Pakuan Bandung, Senin.

Bersama dengan organisasi Aman Palestin, Ridwan Kamil pun mengajak seluruh warga Jawa Barat untuk membantu saudara Muslim di Palestina untuk membangun kembali masjidnya.

Pada tahun 2014 Masjid Syeikh Ajlin di Gaza, Palestina hancur karena dibombardir oleh zionis Israel dan hingga kini masjid tersebut belum dibangun kembali, sehingga menyulitkan warga setempat yang ingin beribadah.

"Mudah mudahan dalam waktu bulan-bulan ke depan, saya mengetuk hati Muslim Jawa Barat khususnya atau Indonesia, sehingga akhirnya Ukhuwah Islamiyah bisa kita hadirkan di Gaza," lanjutnya.

Gubernur pernah memunculkan rancangan gambar masjid tersebut di instagram pribadinya beberapa waktu lalu. Masjid tersebut akan dilengkapi ornamen "Asmaul Husna" dengan bentuk bangunan modern.

"Saya kasih empat pilihan yang pernah ada di instagram, ternyata warga Palestina memilih opsi nomor dua kalau nggak salah yang ada kubahnya," katanya.

"Dan ceritanya adalah tentang Asmaul Husna, ada dekorasi Islam, dan bentuknya modern. Tapi tetap ingin ada ciri kubahnya," katanya.

Baca juga: Pemukim ilegal Yahudi rusak masjid di Tepi Barat

Baca juga: Indonesia sediakan makanan berbuka puasa di Masjid Al-Aqsa

Baca juga: MUI desak Israel kembali buka akses Masjid Al Aqsa

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018