counter

Pemprov DKI bekerja cepat datangi lokasi tsunami Selat Sunda

Pemprov DKI bekerja cepat datangi lokasi tsunami Selat Sunda

Tim Pemprov DKI bekerja cepat, berkoordinasi dengan instansi terkait dan mendatangi lokasi bencana tsunami di Selat Sunda. (Sumber Foto: Facebook Anies Baswedan)

Menangani bencana adalah kerja kolosal. Kami percaya, kerja bersama jajaran pemerintah dan masyarakat di lapangan akan mempercepat proses pemulihan pascabencana
Jakarta, (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja cepat mendatangi lokasi bencana tsunami di Selat Sunda.

Pernyataan itu disampaikannya melalui media sosial, Facebook atas nama Anies Baswedan, yang diakses Antara di Jakarta, Selasa.

Dalam laman itu tertulis: "Setelah mendapat konfirmasi adanya bencana tsunami di Banten, kami menginstruksikan kepada jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk mencari informasi apakah ada warga DKI yang menjadi korban musibah ini,".

Tim Pemprov DKI kemudian berkoordinasi dengan instansi terkait dan mendatangi lokasi bencana hari itu juga. Tim yang terdiri atas tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta, personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kehutanan (Dishut) dikerahkan untuk membantu evakuasi korban.

Sedangkan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) juga menurunkan tim di lapangan.
     
"Alhamdulillah, hingga saat ini hampir semua korban luka dan meninggal sudah ditemukan dan teridentifikasi. Masih ada korban balita asal Jakarta yang sedang dalam proses identifikasi dan evakuasi dari lokasi bencana ke RSUD Sakit Tarakan," katanya.
 
Anies menyebut menangani bencana adalah kerja kolosal. "Kami percaya, kerja bersama jajaran pemerintah dan masyarakat di lapangan akan mempercepat proses pemulihan pascabencana," katanya.

Dengan kondisi hari ini, Pemprov DKI Jakarta akan mengubah fokus kegiatan dari tanggap bencana menjadi bantuan pascabencana. Saat ini sudah berdiri dapur umum di lokasi bencana tsunami Banten yang didirikan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta. 
     
Ia mengptakan para  wali kota juga ikut mengawal warganya yang menjadi korban, mengunjungi ke rumah sakit, dan ikut menghadiri pemakaman yang meninggal dunia. 

Atas nama negara, aparat Pemprov juga hadir mendampingi korban dan meringankan beban saudara sebangsa. 
     
"Pemerintahan bukan 'one man show'; seluruh jajaran bekerja di lapangan. Puluhan jajaran Pemprov DKI, bekerja untuk warganya, untuk sesama. Mereka yang paling berpeluh... pada mereka kita berikan apresiasi!

"Semoga amal baik bapak dan ibu selalu diberikan kesehatan, dimudahkan dalam menjalankan amanah ini dan Insya Allah dibalas Allah dengan pahala yang berlipat ganda ...Amien..., demikian penutup dari Anies Baswedan.

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pemprov DKI siap tanggung pengobatan korban kericuhan

Komentar