Deir Ez-Zour, (ANTARA News ) - Kelompok gerilyawan YPG/PKK telah merebut kekuasaan atas Kota Hajin, kubu utama kelompok Da`esh di Suriah Timur, kata beberapa sumber lokal pada Senin.

Petempur YPG/PKK merebut kota itu setelah 10 hari bentrokan sengit dengan anggota Da`esh, kata sumber tersebut yang tak ingin disebutkan jati diri mereka karena alasan keamanan.

Kegiatan YPG/PKK didukung oleh pemboman udara sengit pesawat koalisi pimpinan AS, sehingga mengakibatkan kerusakan luas di kota itu, kata sumber tersebut.

Da`esh masih menguasai lima kota kecil di pinggir timur Provinsi Deir Ez-Zour di Suriah Timur dan Homs di bagian tengah negeri itu.

Baca juga: Trump mulai tarik tentara AS dari Suriah
Baca juga: Menteri Pertahanan AS nyatakan mundur setelah berselisih dengan Trump


Dengan bantuan AS, anggota YPG/PKK menguasai sisi timur Sungai Eufrat dan daerah pedesaan di bagian barat serta timur Deier Ez-Zour, demikian laporan Kantor Berita Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin malam. Prancis juga memberi kelompok tersebut dukungan artileri.

Sementara itu pasukan Pemerintah Suriah mempertahankan kendali atas bagian barat Deir Ez-Zour.

Sampai sekarang, anggota YPG/PKK menguasai sebanyak 28 persen tanah Suriah.

Suriah baru saja keluar dari konflik yang memporak-porandakan negeri tersebut --yang meletus paa 2011, ketika Pemerintah Presiden Bashar al-Assad menindas pengunjuk-rasa dengan kekuatan yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Baca juga: Trump-Erdogan bahas penarikan tentara AS dari Suriah
Baca juga: Belanda khawatirkan rencana AS tarik pasukan dari Suriah, Afghanistan
 

Pewarta: Antara
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2018