Dokumen 'detail engineering design (DED)-nya sudah jadi. Ada tiga embung yang berfungsi sebagai tangkapan air
Semarang, (ANTARA News) - Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, merencanakan pembangunan tiga embung di kawasan Tembalang untuk mengantisipasi banjir yang terjadi di wilayah bawah.

"Dokumen 'detail engineering design (DED)-nya sudah jadi. Ada tiga embung yang berfungsi sebagai tangkapan air," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang Iswar Aminuddin di Semarang, Kamis.

Pembangunan tiga embung dengan kapasitas 43 ribu meter kubik itu, kata dia, baru bisa dimulai pada 2020 karena pada tahun depan belum dianggarkan.

Selain berfungsi sebagai penangkap air dan pencegah banjir, kata dia, embung tersebut bisa menjadi sumber air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat.

Pada hari yang sama, dilakukan serah terima sarana prasarana dan utilitas (PSU) lima perumahan yang ada di Kota Semarang dari pengembang kepada Pemerintah Kota Semarang.

Kelima perumahan itu, yakni Perumahan Bukit Sendangmulyo, Perumahan Taman Purisartika, Perumahan Graha Panorama, Perumahan Bumi Palir Sejahtera, dan Perumahan Villa Krista Gedawang.

Penyerahterimaan fasilitas umum dan sosial dari lima perumahan itu disaksikan langsung oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di kantornya Balai Kota Semarang.

Dengan serah terima itu, Pemkot Semarang dapat secara langsung mengelola fasilitas umum dan sosial yang ada di wilayah perumahan itu, termasuk embung dan jaringan drainase.

Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang meminta para pengembang untuk bisa mempercayakan pengelolaan fasilitas umum dan sosial tersebut kepada Pemkot Semarang.

"Kami siap diajak diskusi, urun rembug, dan mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk peningkatan fasilitas umum dan sosial yang diserahkan hari ini," katanya.

Pascabanjir di wilayah timur Semarang yang sudah bisa mulai teratasi, kata wali kota, problem banjir di kawasan Tembalang dan Jangli menjadi pekerjaan rumah berikutnya.

"Tantangan kota ini sangat dinamis. Banjir di wilayah barat dan tengah sebagian besar teratasi, lalu bergeser ke timur seminggu lalu. Sekarang muncul problem di Jangli dan Tembalang," katanya.

Baca juga: Mendes minta dana desa untuk bangun embung

Baca juga: Titiek Soeharto dorong pemerintah bangun embung mini

Baca juga: Mentan: ada Rp100 miliar untuk bangun embung

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018