Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, kecewa jika benar ada pengaturan skor dalam pertandingan sejakbola di Indonesia, karena dengan demikian maka tim sepakbola Indonesia tidak akan maju dan berprestasi.

"Wah mengecewakan betul kalau benar ada pengaturan skor dalam pertandingan sepak bola di Indonesia," kata dia, di rumahnya, di Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Jumat.

Ia prihatin dan kecewa karena pengaturan skor pertandingan sepakbola itu adalah bagian dari judi. "Sepakbola nasional seharusnya dikelola secara profesional sehingga dapat berprestasi dan menjadi bisnis yang menguntungkan seperti sepak bola di Eropa dan Amerika Latin," katanya.

Ia yang saat muda menggemari sepakbola ini menyatakan, kalau dicermati, sepakbola di Eropa dan Amerika Latin, selain mengejar prestasi juga menjadi bisnis menguntungkan tanpa merusak prestasi.

Pada kesempatan tersebut, dia mengajak semua pihak yang terkait dengan sepak bola nasional untuk mengambil hikmah dari adanya dugaan pengaturan skor dalam pertandingan sepakbola nasional. "Marilah kita bersama-sama untuk menjadikan prestasi terbaik dari sepak bola nasional untuk mengharuskan nama bangsa dan negara. "Harapan saya jangan ada lagi pengaturan skor,' katanya.

Kiai Ma'ruf juga mengusulkan, agar sepak bola nasional melakukan regenrasi dengan melakukan pencarian bibit pemain muda berbakat dan cerdas. " Para pemain muda berbakat dan cerdas ini dilatih oleh pelatih yang berkualitas, sehingga sepak bola nasional dapat berkembang baik," kata dia.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018