Mertens amankan kemenangan Napoli atas Bologna

Mertens amankan kemenangan Napoli atas Bologna

Para pemain Napoli merayakan gol yang dicetak ke gawang Bologna dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan pada Sabtu (29/12/2018). (twitter.com/SerieA)

Jakarta (ANTARA News) - Napoli mendapat kesulitan saat menjamu Bologna, namun mereka berhasil menang 3-2 atas tamunya tersebut berkat gol Dries Mertens dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadio San Paolo, Naples, Italia pada Minggu dini hari WIB.

Tuan rumah unggul terlebih dahulu melalui gol Arkadiusz Milik pada menit ke-15. Bologna kemudian menyamakan kedudukan melalui gol Federico Santander pada menit ke-37.

Milik kemudian membawa Napoli kembali unggul pada menit ke-52, tetapi Danilo membuat Bologna kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-80, sampai delapan menit kemudian Mertens mengamankan tiga poin bagi tuan Partenopei, demikian catatan pertandingan dari laman resmi Liga Italia.

Tambahan tiga poin itu membuat Napoli mengoleksi 44 poin di peringkat kedua klasemen, tertinggal sembilan poin dari pemuncak klasemen Juventus. Sedangkan Bologna masih terdampar di peringkat ke-18 dengan 13 poin.

Partenopei masih menyimpan kemarahan setelah kalah dari Inter Milan, ketika Kalidou Koulibaly menjadi korban pelecehan rasial sepanjang pertandingan yang membuat ia kehilangan kesabaran dan mendapat kartu merah. Tidak lama kemudian Lorenzo Insigne juga diusir keluar lapangan pada laga tersebut, dan keduanya terkena skors dua pertandingan. Marek Hamsik juga dibekap cedera. Pelatih Filippo Inzaghi tidak banyak bereaksi di bangku pemain cadangan Rossoblu meski timnya menghuni zona degradasi, di mana ia tahu Bologna menelan kekalahan pada lima pertemuan terakhirnya dengan Napoli.

Bologna mencoba menekan sejak awal saat sepakan menyudut Andrea Poli masih melenceng dari tiang jauh dan sambaran Federico Santander, namun Napoli unggul terlebih dahulu saat Mertens dan Milik keduanya mengejar bola, bola kemudian sempat memantul dan legiun Polandia itu mampu menyambarnya untuk menjadi gol pembukaan.

Lukasz Skorupski menggagalkan sepakan melengkung kaki kanan Mertens ke sudut atas kanan gawangnya, sedangkan Milik mendapat beberapa peluang melalui sundulan kepala yang masih belum tepat sasaran.

Bologna mampu menyamakan kedudukan melalui bola mati, ketika tendangan bebas dibelokkan oleh Palacio ke Federico Santander untuk disundul ke sudut dekat. Sayangnya, ia tidak mendarat dengan sempurna sehingga terkilir dan harus digantikan oleh Diego Falcinelli.

Kevin Malcuit dan Faouzi Ghoulam mengirimkan umpan-umpan silang berbahaya ke mulut gawang namun tidak seorang pun dapat memanfaatkannya, namun Bologna juga hampir mencetak gol, ketika Falcinelli tidak mampu menyundul bola umpan silang Mitchell Dijks.

Jose Callejon meneruskan performa kurang maksimalnya dengan mengarahkan tendangan sudut lurus tertuju kepada kiper, namun Milik membukukan gol keduanya dengan menaklukkan pengawalnya untuk menyambut umpan silang Malcuit dari sisi kanan.

Bologna tidak menyerah dan sundulan Palacio dari umpan silang Federico Mattiello masih melebar, namun Milik gagal mengukir trigol saat upayanya digagalkan Skorupski di tiang dekat.

Sepakan voli terdefleksi Filip Helander memantul melebar di tiang jauh saat Skorupski tidak mampu mengantisipasinya.

Tim tamu kemudian mampu menyamakan kedudukan dari situasi bola mati lainnya, kali ini Danilo melompat mengungguli Raul Albiol untuk menyambut tendangan bebas Pulgar saat waktu pertandingan tinggal menyisakan sepuluh menit.

Mertens menjadi penyelamat timnya dengan gol kesepuluh ke gawang Bologna dalam kariernya. Ia bergerak memotong dan melepaskan tembakan keras dari jarak 20 meter yang memantul di depan Skorupski, melewati sela-sela lengannya di sudut bawah dekat.

Bologna memberikan perlawanan terakhir melalui serangkaian tendangan sudut yang menimbulkan kepanikan. Mario Rui melakukan sepakan salto untuk menggagalkan sundulan Palacio, kemudian Alex Meret menepis upaya Danilo.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Italia:

Napoli (4-4-2): Meret, Malcuit, Maksimovic, Albiol, Ghoulam (Mario Rui 68'), Callejon (Ounas 83'), Allan, Zielinski, Verdi (Fabian Ruiz 57'), Milik, Mertens

Bologna (3-5-2): Skorupski, De Maio, Danilo, Helander, Mattiello, Dijks, Pulgar, Poli (Orsolini 78'), Svanberg (Nagy 70'), Santander (Falcinelli 42'), Palacio

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar