Di usia ke-768, Kota Ternate terus berbenah diri dalam meningkatkan semangat religius dan pelestarian budaya sebagai identitas masyarakat Ternate yang cinta damai,
Ternate, (ANTARA News) - Ribuan warga multietnis di Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut) menghadiri Hari Jadi Ternate (HJT) atau HUT ke-768,  pada Sabtu (29/12) 2018,  yang mengusung tema "Ternate Sebagai Kosmopolitan Mengedepankan Semangat Humanis dan Toleran".

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Sabtu, mengatakan, HJT ini dijadikan sebagai momentum pembauran etnis, agama dan tata kehidupan sosial yang beragam melalui peningkatan nilai religus.

Kehadiran ribuan warga multietnis dan aparat sipil negara (ASN) dalam momentum HJT Ternate itiu, katanya, ingin perkuat semangat keberagaman yang dimiliki masyarakat Ternate selama 768 tahun lamanya yang masih tetap tertanam.

"Di usia ke-768, Kota Ternate terus berbenah diri dalam meningkatkan semangat religius dan pelestarian budaya sebagai identitas masyarakat Ternate yang cinta damai," katanya.

Parade Ternate Harmoni 2018 pun digelar sebagai rangkaian peringatan HJT Kota Ternate ke-768 dengan melibatkan ribuan orang sebagai wujud bentuk semangat untuk menjaga kerukunan antarumat beragama.

Wali kota mengatakan, pada HJT ini Pemkot Ternate menggelar Festival Ternate Harmoni untuk mengenang Ternate punya masa lalu dalam membangun kekerabatan dan hubungan antaretnis, agama, suku, budaya.

Dia mengatakan, sejak dahulu kala hingga kini Ternate memiliki nama kampung seperti, kampung sarani, kampung Makassar, kampung falajawa, kampung Palembang, sehingga membuktikan kalau masyarakat Ternate sejak masa lampau punya silaturahmi yang tinggi dan nyaman untuk semuan catatan sejarah masa lalu yang gemilang, potensi pariwisata berdampak ekonomi, dan Ternate cinta damai.

Oleh karena itu, kata wali kota, kegiatan yang dimulai dari Kantor Walikota Ternate menuju gereja ayam, klenteng ibu suri agung hingga ke Kedaton Kesultanan Ternate menunjukkan kalau orang Ternate cinta keberagaman.

Tak hanya dari kalangan tokoh agama, pemuka agama, tokoh budaya, dan berbagai etnis, namun juga diikuti langsung oleh pelajar, pemuda dan komunitas dari semua agama yang ada di Kota Ternate.

HJT ke-768 dipusatkan di Kantor Wali Kota Ternate yang dihadiri para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta pelajar dan ASN yang tersebar di daerah ini.

Baca juga: Ribuan warga ikuti Parade Ternate Harmoni

Baca juga: HUT TNI Ternate dimeriahkan tarian soya-soya

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018