Atas nama Gubernur Bali, saya sudah menyerahkan santunan dan menyampaikan belasungkawa kepada korban bersama keluarga. Mari kita semua meningkatkan kewaspadaan, dengan memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar kita
Denpasar,  (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Bali memberikan santunan untuk korban bencana tanah longsor yang terjadi Desa Batubulan, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, beberapa waktu lalu, yang telah menewaskan empat anggota keluarga dan satu orang mengalami luka berat.

"Kami hadir di tengah masyarakat yang tertimpa bencana sebagai ungkapan belasungkawa dan empati, serta menyampaikan turut berduka cita kepada korban maupun keluarganya," kata Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali Dewa Putu Mantera, di Denpasar, Selasa.

Santunan yang telah diserahkan pada Senin (31/12) total sebesar Rp70 juta, dengan rincian empat orang meninggal masing-masing santunan sebesar Rp15 juta dan satu orang luka berat menerima santunan Rp10 juta, yang diterima oleh ahli waris korban.

Pemberian santunan tersebut mengacu pada Peraturan Gubernur Bali Nomor 28 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Pergub Nomor 60 Tahun 2015 tentang Santunan dan Bantuan Sosial Perbaikan Sarana dan Prasarana Perekonomian, Rumah Masyarakat dan Fasilitas Umum untuk Korban Bencana.

Dewa Mantera menambahkan, esensi terbitnya Pergub 28 Tahun 2017 adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat korban bencana, kerugian material terhadap seseorang ataupun sekelompok orang akibat terjadinya bencana.

Pemprov Bali memberikan santunan dan bantuan sosial berupa uang untuk korban bencana yang bersumber dari bantuan sosial tidak direncanakan sebagai stimulan.

Terkait dengan amanat Pergub Bali tersebut, maka Gubernur Bali Wayan Koster menugaskan Plt Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Bali atas nama Pemprov Bali untuk menyerahkan santunan korban bencana tanah dan rumah longsor yang terjadi di Perum Bumi Asri, Banjar Sasih, Desa Batubulan, Gianyar yang terjadi pada tanggal 8 Desember 2018 lalu.

Dalam bencana itu korban meninggal empat orang yakni Lintang Ayu Widimerti (32), Adi Anggara Palguna (2), Made Adin Aditya Palguna (4), dan Putu Deta (6). Yang mengalami luka berat Made Oktara Dwi Palguna (30).

Penyerahan bantuan sebesar Rp70 juta bertempat di Kantor Desa Batubulan Gianyar yang diterima oleh ahli waris korban.

Dewa Mantera berharap dan mengajak semua pihak untuk tetap waspada terhadap segala kemungkinan bencana yang terjadi di sekitar masyarakat.

 "Atas nama Bapak Gubernur Bali, saya sudah menyerahkan santunan dan menyampaikan belasungkawa kepada korban bersama keluarga. Mari kita semua meningkatkan kewaspadaan, dengan memperhatikan kondisi lingkungan di sekitar kita," kata Dewa Mantera, yang juga Kepala Kesbangpol Provinsi Bali itu.

Baca juga: SAR Denpasar evakuasi korban longsor Batubulan

Baca juga: BPBD Gianyar tangani longsor di Tegalalang

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019