Jakarta (ANTARA News) - PDI Perjuangan akan merayakan puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-46 yang akan dihadiri lebih dari 12.000 orang peserta, di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, pada 10-11 Januari 2019.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Kamis, mengatakan, puncak peringatan HUT ke-46 PDI Perjuangan diselenggarakan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang menampilkan tema "Persatuan Indonesia Membumikan Pancasila".

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekjen PDI Perjuangan periode 2010-2015 Tjahjo Kumolo dan Ketua PDI Perjuangan Bambang DH.

Menurut Hasto, tema itu merefleksikan Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah geografis yang terbentang di antara dua benua dan dua samudera, semuanya menjadi satu karena Pancasila yang dibumikan.

Hasto menjelaskan, kontekstualisasi tema itu menjelang Pemilu 2019 adalah makna pemilu jangan dipersempit dan menurunkan peradaban bangsa.

"Jangan sampai Indonesia kembali pada masa sebelum Sumpah Pemuda 1928, di mana bahasa dan wilayahnya masih terpisah-pisah. Indonesia satu rasa, satu jiwa, senasib sepenanggungan, yang ingin berperan besar di dalam peradaban dunia ini," kata Hasto.

Menurut Hasto, PDI Perjuangan akan mengundang pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, ketua umum partai politik, serta tamu undangan lainnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen PDI Perjuangan, Utut Adianto, mengatakan, perayaan HUT ke-46 PDI Perjuangan sekaligus Rakornas, akan dihadiri oleh sebanyak 12.000 peserta yakni kader partai dari seluruh Indonesia.

"Para peserta adalah pengurus dan kader partai. Rinciannya, adalah 8.240 orang dari struktur partai, mulai dari tingkat pusat, tingkat provinsi, tingkat kabupaten/kota, hingga tingkat anak cabang yakni tingkat kecamatan," katanya.

Kemudian anggota DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, bersama calon anggota legislatif 2019 dengan total 3849 oang. Peserta dari struktur eksekutif, yakni kepala daerah dan wakilnya, sebanyak 188 orang. Lalu ditambah lagi dengan perwakilan organisasi sayap partai hingga pengurus partai di luar negeri. "Jumlah totalnya sebanyak 12.341 orang," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019