Jakarta (Antara) - Walikota Jakarta Selatan Marullah Matali mengubah Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di sepanjang Jalan Mampang Prapatan sampai Jalan Warung Jati Barat (simpang Mal Pejaten Village) dari minggu ketiga menjadi pekan pertama tiap bulan.

Marullah mengatakan di Jakarta, Sabtu, perubahan itu dilakukan sesuai dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengarahkan pemerintah kota/kabupaten di wilayah ibukota untuk melaksanakan HBKB serentak pada minggu pertama pada 2019.

Menurut walikota Jakarta Selatan, penyeragaman itu dilakukan agar serentak dengan kegiatan pengukuran kualitas udara yang dilakukan tiap awal bulan.

Marullah lanjut menyebut, hari bebas kendaraan pertama pada 2019 akan jatuh pada 6 Januari, mulai pukul 06.00 WIB - 11.00 WIB. 

Ia menerangkan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan akan meramaikan kegiatan HBKB tahun ini dengan menggelar senam bersama, atraksi seni tari dan beberapa kegiatan sosialisasi kebakaran dan kependudukan, serta hiburan musik organ tunggal.

Ia berharap, kegiatan hari bebas kendaraan bermotor dapat dimanfaatkan warga Jakarta Selatan untuk berolahraga seraya menikmati sejuknya udara tanpa polusi udara.

Selama hari bebas kendaraan berlangsung, nantinya kendaraan yang menuju Jalan Mampang Prapatan dan Jalan Warung Jati akan dialihkan ke beberapa ruas jalan sekitarnya.

Baca juga: Pemkot Jakut pastikan HBKB 2019 lebih meriah
Baca juga: Dishub DKI pasang spanduk imbauan HBKB

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019