Jakarta (ANTARA) - Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan menggelar layanan pembuatan paspor untuk 1.000 orang pada Hari Bebas Kendaraan bermotor Bermotor (HBKB) Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu.

"Kita menyelenggarakan satu inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, di samping saya ada Bu Felucia Sengky Ratna selaku Kakanim Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan. Hari ini ada 'Car Free Day Imigration Service' untuk 1.000 pemohon, bahkan mungkin bisa lebih," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim di Jakarta, Minggu.

Selain layanan paspor, kegiatan "Car Free Day Imigration Service" melayani pengurusan layanan perpanjangan izin tinggal bagi warga negara asing khususnya "visa on arrival" dan layanan informasi keimigrasian bagi masyarakat umum.

Silmy mengungkapkan kegiatan "Car Free Day Imigration Service" turut mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori "Layanan Paspor Terbanyak di Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor".

Baca juga: Dirjen Imigrasi minta optimalkan peran pengawasan dan penindakan
Baca juga: Dirjen Imigrasi inspeksi Kantor Imigrasi Jakarta Utara


Silmy mengatakan ada dua sasaran utama dalam kegiatan ini. Pertama adalah meningkatkan kecepatan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat dan kedua adalah menjadi pemicu bagi kantor imigrasi lainnya untuk terus berinovasi dan bersaing dengan sehat guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Pelayan masyarakat harus mengedepankan pelayanan terbaik dan ini tentunya tidak lepas dari dukungan seluruh jajaran di Imigrasi maupun Kemenkumham," ujarnya.

Meski demikian Silmy mengatakan kegiatan "Car Free Day Imigration Service" tidak rutin digelar dan dilaksanakan secara situasional..

"Kalau rutin itu kan sudah Senin-Jumat, ini kejutan. Kalau keseringan nanti kejutannya kurang, jadi kita bikin 'surprise'-lah. Kalau keseringan, tiap hari ulang tahun kan enggak 'surprise' lagi namanya, hadiah itu harus ada rentang waktu," pungkasnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023