Jakarta  (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo blusukan ke Lapangan Sepakbola Gongseng  yang terletak di pemukiman padat Jakarta Timur untuk meninjau usaha emak-emak atau para ibu dalam program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) masuk ke wilayah Gongseng, Pasar Rebo, Jakarta Timur, melalui jalan-jalan kecil di  permukiman padat setelah membagikan Program Keluarga Harapan (PKH) di GOR Ciracas Jakarta Timur, Kamis sore.

Masyarakat dan penerima layanan program Mekaar binaan PNM yang telah menantinya, menyambut antusias ketika Presiden Jokowi dan rombongan tiba pada sekitar pukul 16.45 WIB.

Mekaar memberikan layanan bagi wanita prasejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha maupun modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Mekaar memberikan pinjaman modal serta penanaman nilai penting bagi setiap nasabah untuk jujur dalam melakukan usahanya, disiplin dalam kehadiran di setiap pertemuan dengan kelompok dan juga mengangsur pinjaman serta kerja keras untuk terus mengembangkan usahanya.

"Saya ingin setahun atau dua tahun lagi kita bertemu, ibu-ibu sudah masuk ke tingkatan yang lebih tinggi," kata Presiden.

Presiden pada kesempatan itu juga berdialog dengan penerima program Mekaar. Ibu-ibu penerima yang telah mempunyai usaha juga menggelar pameran di sisi area.

Beberapa dari mereka ada yang berjualan sayuran, pempek, jamu, ayam goreng, seblak, mie ayam, telur gulung, aneka jajanan lainnya, dan kerajinan tangan.

Ia berharap para penerima layanan program Mekaar telah naik ke skala usaha yang lebih tinggi.

Di akhir acara, Presiden meninjau pameran produk yang dihasilkan ibu-ibu tersebut dan berbelanja berbagai produk yang dijual.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat di antaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur DKI Anies Baswedan, Mensesneg Pratikno, Menses Agus Gumiwang, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf.
 
Baca juga: Presiden harap usaha masyarakat semakin besar melalui program Mekaar
Baca juga: Jokowi: pembiayaan usaha mikro akan ditingkatkan
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019