Kudus (ANTARA News) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, segera mencairkan dana tali asih sebesar Rp6 miliar untuk para atlet peraih medali dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Jateng di Surakarta.

"Anggaran sebesar Rp6 miliar bersumber dari APBD Kudus 2019," kata Ketua KONI Kudus Antoni Alfin di Kudus, Jumat.

Besarnya tali asih untuk masing-masing atlet, kata dia, disesuikan dengan medali yang diperoleh.

Misalnya, kata dia, untuk peraih medali emas bakal mendapatkan tali asih sebesar Rp50 juta.

Sementara untuk atlet peraih perak dan perunggu nilai tali asihnya disesuaikan karena prioritas memang untuk peraih medali emas.

Ia mencatat ada sebanyak 69 atlet peraih medali emas, ditambah satu medali emas dari atlet difabel sehingga ada sebanyak 70 torehan medali emas.

Sementara untuk cabang olahraga beregu yang meraih medali emas juga akan mendapatkan tali asih dengan nilai berbeda.

"Contoh, cabang olahraga basket dengan jumlah atlet yang mencapai belasan orang bisa mendapatkan tali asih sebesar Rp120 juta," ujarnya.

Untuk pelatih dan official, katanya, tetap akan mendapatkan tali asih, namun jumlahnya disesuaikan dengan ketersediaan anggarannya.

Rencana pencairan tali asih diberikan pada tanggal 19 Januari 2019 mendatang.

"Tali asih akan ditransfer ke rekening tabungan masing-masing atlet dan tidak dipotong pajak karena akan ditanggung KONI," ujarnya.

Ia berharap prestasi olahraga di Kabupaten Kudus bisa meningkat menjadi lebih baik dengan mamksimalkan pengembangan atlet lokal Kabupaten Kudus.

Selain berupaya memanfaatkan atlet lokal, KONI Kudus dengan kepengurusan yang baru juga akan mengevaluasi keberadaan 34 cabang olahraga apakah masih perlu dipertahankan atau justru akan ada penambahan cabor baru.

Baca juga: PB Djarum raih KONI Award

Baca juga: Pemkot Medan berikan tali asih atlet berprestasi

 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019