Jakarta (ANTARA News) - Uzbekistan melaju ke 16 besar Piala Asia 2019 setelah menghancurkan Turkmenistan dengan skor 4-0 dalam pertandingan Grup F yang dimainkan di Stadion Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab pada Senin dini hari WIB.

Keempat gol Uzbekistan tersebut dibukukan oleh Javokhir Sidikov (17'), Eldor Shomurodov (24' dan 42'), dan Jaloliddin Masharipov (40'), demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Dengan hasil ini, Uzbekistan memuncaki klasemen grup dengan koleksi enam poin, jumlah poin yang sama dengan yang dimiliki tim peringkat kedua Jepang, sedangkan Turkmenistan berada di posisi juru kunci dengan nol poin.

Pelatih Turkmenistan Yazguly Hojageldyev mendesak timnya untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan menyusul kekalahan 2-3 mereka dari Jepang, namun pesan-pesannya terlihat tidak dapat diterapkan ketika Uzbekistan mengamuk pada babak pertama.

Sidikov memulai pesta gol Uzbekistan pada menit ke-17 dengan meluncur untuk mengonversi umpan tarik Dostonbek Khamdamov, di mana Shomurodov menggandakan keunggulan mereka beberapa saat kemudian.

Mungkin dipicu kemenangan 6-0 Qatar atas Korea Utara pada pertandingan Grup E yang dimainkan beberapa jam sebelumnya, Uzbekistan mengandaskan lawannya dengan dua gol dalam dua menit sebelum turun minum.

Masharipov kemudian menyambar bola liar untuk mengubah skor menjadi 3-0, sebelum Shomurodov mengecoh kiper Turkmenistan untuk mengemas gol keduanya di laga ini pada menit ke-42.

Otabek Shukurov hampir menambahi gol selanjutnya dengan sepakan jarak jauh pada pertengahan babak kedua, namun Turkmenistan mampu terhindar dari keterpurukan yang lebih dalam.

Dengan sukses melaju ke  besar, fokus Uzbekistan sekarang akan berubah pada pertandingan terakhir mereka melawan Jepang, yang juga telah memastikan diri lolos, untuk memperebutkan peringkat teratas.

Sedangkan bagi Turkmenistan, mereka harus mengalahkan Oman -- yang juga belum mendapatkan poin di turnamen ini -- untuk memelihara peluang melaju sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Turkmenistan (5-4-1): Mammet Orazmuhammedow, Serdar Annaorazov, Mekan Saparow, Zafar Babajanow, Ylyasov Vezirgeldi, Gurbangeldi Batyro, Ruslan Mingazov, Resul Hojayew, Ahmet Atayev (Myrat Annayev 44'), Arslanmyrat Amanov (Mihail Titov 65'), Vakhyt Orazsahedov (Altymurad Annadurdiyev 46')

Uzbekistan (4-2-3-1): Ignatiy Nesterov, Akmal Shorakhmedov (Davron Khashimov 46'), Islom Tuhtahujaev, Anzur Ismailov, Oleg Zoteev, Odil Akhmedov (Fozil Musayev 76'), Otabek Shukurov, Dostonbek Khamdamov, Javokhir Sidikov (Ikrom Alibaev 68'), Jaloliddin Masharipov, Eldor Shomurodov                 

Baca juga: Penalti Haraguchi amankan laju Jepang ke fase gugur

Baca juga: Ali sumbang empat gol, Qatar amankan langkah ke 16 besar

Baca juga: Pelatih Korsel akui lini serang timnya lemah

 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019