Untuk fisik, sekarang saya bicara kita (Persib) akan top fisik di Indonesia
Bandung (ANTARA News) - Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic menyatakan ingin membawa perubahan besar di tubuh klub berjuluk "Maung Bandung" itu, baik dalam sisi pola permainan maupun semangat juang.

"Untuk fisik, sekarang saya bicara kita (Persib) akan top fisik di Indonesia. Saya akan memproses itu dan itu sudah ada di program saya," ujar Miljan di Bandung, Senin.

Untuk memiliki pemain dengan kualitas fisik terbaik di Indonesia, ia mengaku sudah merancang skema latihan. Program itu pun sudah dikuasai dan dijalankan di klub sebelumnya di Montenegro.

"Itu program baru, program modern, dan saya mengerti untuk (merealisasikan) itu," kata Miljan.

Secara perlahan, ia juga akan membuat Persib punya daya serang yang harus ditakuti lawan. Gaya permainan menyerang penuh akan jadi ciri khas Persib.

Bahkan, ia mengklaim gaya permainan Persib akan berbeda dibanding tim-tim lain di Indonesia. Klub asal Jawa Barat itu akan punya gaya baru yang khas.

"Saya akan kasih style (gaya) baru untuk Persib dan di sepakbola Indonesia. Saya suka sepakbola menyerang dan Persib harus bermain menyerang, harus bermain seperti tim besar," ujar Miljan.

Di bawah arahan Miljan, Persib juga akan mengandalkan kerjasama tim ketimbang menonjolkan kemampuan individu pemain. Sebab, kolektivitas bermain jadi modal utama dalam memenangi pertandingan.

"Saya tidak suka pemain main individual. Di Persib saya sudah mengerti harus bagaimana. Pemain harus (mengedepankan kerjasama) tim dulu," katanya.

Semangat tempur skuat Persib juga akan `dibakar` oleh Miljan. Sehingga, setiap melakoni laga semua pemain diharapkan berjuang maksimal mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya.

"Saya mau pemain bermain fight 100 persen, tapi mereka harus tetap enjoy," ujar Miljan.

Sementara untuk formasi permainan, ia akan punya satu gaya baku, yaitu 4-3-3. Formasi itu dinilai tangguh dalam penyerangan tapi juga kuat dalam bertahan.

"Itu formasi yang saya suka. Tapi mungkin nanti kita akan coba beberapa formasi lain," kata Miljan.

Baca juga: Miljan Radovic ingin patahkan mitos pelatih asing sulit juara

Baca juga: Persib resmi kenalkan Miljan Radovic sebagai pelatih

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019