Terjadi hujan lokal sejak sore tadi, deras dan anginnya cukup kencang
Slamet Agus Sudarmojo dan Hanif Nashrullah

Surabaya, (ANTARA News) - Hujan deras disertai angin kencang menerjang Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu sore, sekitar pukul 16.30 WIB, menyebabkan sejumlah pohon dan bangunan di beberapa wilayah roboh.

"Terjadi hujan lokal sejak sore tadi, deras dan anginnya cukup kencang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya Eddy Christijanto saat ditemui di salah satu lokasi yang terdampak bencana, kawasan Jalan Undaan Wetan Surabaya, Rabu petang.

Menurut pantauan BPB Linmas Kota Surabaya, di wilayah Kecamatan Genteng, selain merusak bangunan di Jalan Undaan Wetan Surabaya, hujan deras disertai angin kencang sore tadi juga menyebabkan pohon tumbang yang menimpa sebuah mobil di Jalan Wuni.

"Selain itu juga dilaporkan terjadi angin puting beliung yang menyebabkan atap di dua rumah penduduk kawasan Sambikerep beterbangan," ujar Eddy.

Puting beliung, lanjut dia, sore tadi juga menerjang sekitar tiga rumah di Jalan Sikatan, Kecamatan Tandes.

Eddy mengatakan penanganan terhadap rumah-rumah warga yang atapnya beterbangn diterjang puting beliung sementara telah ditutup menggunakan terpal.

"Kalau di Jalan Undaan Wetan ini yang roboh adalah teras di lantai dua ruko, yang menimpa dua unit sepeda motor," katanya.

Ia memastikan tidak ada korban jiwa di seluruh lokasi yang terdampak bencana akibat hujan deras dan angin kencang tersebut.

"Para penghuninya sudah kami evakuasi. Sekarang kami tinggal melakukan pembersihan terhadap reruntuhan puing-puing yang roboh yang dibantu oleh personel dari Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Surabaya," ujarnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemerintah Kota Surabaya Irvan Widyanto memastikan telah menyebar personelnya untuk membantu proses evakuasi dan pembersihan bangunan di beberapa wilayah yang porak poranda.

"Proses evakuasi dan pembersihan puing-puing bangunan ini di bawah komando BPB Linmas. Ibu Wali Kota Tri Rismaharini telah memerintahkan untuk mendirikan pos komando kedaruratan di lima lokasi yang terdampak bencana. Mudah-mudahan proses evakuasi dan pembersihan puing-puing di bekas bangunan yang roboh bisa kami selesaikan malam ini juga," katanya.

Baca juga: Angin Kencang di Surabaya Tumbangkan Puluhan Pohon

Baca juga: Angin kencang Surabaya renggut korban, seorang santri tewas tertimpa pohon

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo dan Hanif Nashrullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019