Becak ambulans dimiliki "gampong" Meunasah Serba-Aceh Jaya untuk kedaruratan bencana

Becak ambulans dimiliki "gampong" Meunasah Serba-Aceh Jaya untuk kedaruratan bencana

Becak ambulans di Gampong atau Desa Meunasah Serba, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh. (FOTO ANTARA/HO-aceh.antaranews.com/2019)

Inovasi pembuatan becak ambulans ini merupakan bagian untuk mempercepat penanganan terkait masalah kesehatan, bencana, dan kedaruratan lainnya yang dapat dilakukan secara cepat dan mandiri
Banda Aceh,  (ANTARA News) - Gampong atau Desa Meunasah Serba, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, yang menjadi gampong siaga aktif membuat becak ambulans dalam upaya mempercepat proses penanganan kedaruratan bencana dan masalah kesehatan.

"Inovasi pembuatan becak ambulans ini merupakan bagian untuk mempercepat penanganan terkait masalah kesehatan, bencana, dan kedaruratan lainnya yang dapat dilakukan secara cepat dan mandiri," kata Sekretaris Gampong Meunasah Serba, Sofyan, di Aceh Jaya, Kamis.

Sebelum menggagas pembuatan becak ambulans tersebut, pihaknya telah mengusulkan pengadaan ambulans gampong yang merupakan keinginan dari warga setempat.

Hal itu, kata dia, untuk memudahkan penanganan masalah kesehatan masyarakat.

"Kami pernah mengusulkan mobil ambulans ke kabupaten karena tidak terpenuhi dan kami dianjurkan untuk membuat becak ambulans" kata dia.

Selain pengadaan becak ambulans desa tersebut, pihaknya juga telah melakukan pengadaan perlengkapan kesehatan lainnya sehingga masyarakat lebih mudah mendapatkan penanganan untuk berobat saat diperlukan.

"Alhamdulillah alat-alat kesehatan seperti tes diabetes melitus (DM), kolesterol, cek darah sudah tersedia semuanya dan untuk sopir ambulans gampong juga siap siaga 24 jam," kata dia.

Ia menambahkan pembuatan becak ambulans tersebut menghabiskan dana yang disiapkan dari alokasi anggaran desa sebesar Rp25 juta.

Kepala Pukesmas Jaya Ogian Sahputra mengatakan Gampong Meunasah Serba merupakan desa percontohan sebagai desa siaga aktif dan sudah dibina oleh Pukesmas Jaya.

Baca juga: Konvoi becak motor meriahkan 1 Muharam di Aceh Barat

Baca juga: Menhub: bentor harus jadi angkutan resmi

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar