Jakarta (ANTARA/Jacx) - Sebuah akun media sosial yang mengutip pemberitaan dari sebuah blog menayangkan berita yang isinya memberikan kesan bahwa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan pernyataan yang mendukung konsep LGBT.

Klaim   :  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan pernyataan bahwa tidak ada ayat yang menolak LGBT secara eksplisit
Rating  :  Salah/Disinformasi 

Penjelasan :
Dari penulusuran Tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, pernyataan tersebut merupakan pernyataan dari Menteri Agama namun tidak disajikan secara utuh oleh salah satu blog yang memuat informasi tersebut sehingga menimbulkan interpretasi yang berbeda.

Faktanya pernyataan tersebut hanya merupakan potongan dari penjelasan panjang lebar tentang LBGT dalam pandangan Islam. Adapun baik secara pribadi maupun kelembagaan Kemenag secara tegas membantah mendukung LGBT. Sedangkan Menteri Agama hanya mengimbau masyarakat agar tidak menjauhi apalagi sampai mempersekusi pelaku LGBT.

Menteri Agama juga telah menyampaikan klarifikasi sebagaimana berita yang dirilis oleh Direktorat Bimas Islam dalam laman resmi Kementerian Agama.

Cek Fakta :bimasislam.kemenag.go.id/post/berita
Cek fakta: Menag nilai LGBT ancam kehidupan beragama
Cek fakta: Menag: LGBT adalah tantangan pendakwah
 
Tangkapan layar klarifikasi anti hoaks Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

Pewarta: Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2019